Camat Rupat Bersama Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Kukuh dan Resmikan Balai Adat Suku Akit

RUPAT, lintasbarometer.com

Camat Rupat dan Rupat utara. bersama anggota DPRD kab Bengkalis meresmikan, mengukuhkan. rumah balai adat ( matalahas) suku akit peranak Tionghoa. di desa dalur aman. Dusun Pengkalan durian. kecamatan Rupat batu panjang pada hari Selasa tanggal (12/11/2019), kemarin.

Serangkaian Acara, pengukuhan yang perdana di gelar di dusun pkl durian itu. di meriahkan berbagai macam jenis kesenian tradisional suku akit, berupa pencak silat, tari gendong. yang di tampilkan oleh para muda mudi, Akit peranakan Tionghoa. Bahkan dalam pantauan, awak media Mandau mandiri. Acara tersebut dihadiri oleh Camat Rupat diwakili MUHAMAD ZAKI. Kasih (pem) ARIF MULANA mewakili camat Rupat utara. anggota DPRD, kab Bengkalis FERRY SITUMEANG.s,e. Kapolsek Rupat diwakili brigadir, IDRIS. danramil rupat. R,MANURUNG mewakili. Selanjutnya. batin dari kepulauan Meranti, ANDRES ALENG dari kota Dumai, GEDANG dari hutan panjang, ALAI dari desa hutan ayu.

Kepala desa dalur aman BRAMUJOROSIT S,hi. “Mengucapakan ribuan terimakasih kepada anggota DPRD kab Bengkalis dan camat Rupat dan Rupat Utara para tokoh masyarakat para tamu undangan yang jauh-jauh dari kepulauan Meranti, bapak batin. se-provinsi Riau. Yang sudah berbesar hati hadir di aracara pengukuhan, meresmikan balai adat akit dan perankan Tionghoa Rupat. ucap nya. Beliau berharap para tokoh kepala suku agar dapat seling bersinergi bahkan menjaga keutuhan sesama antara suku yang ada di.NKRI”. beliau mengapresiasi hal itu.

Kepala desa hutan panjang ambran dalam sambutan nya berharap kepada pemerintah khusus nya kepada anggota DPRD kabupaten Bengkalis Perry s. Agar memperhatikan desa nya. Di sela-sela acara tersebut dia mengatakan” kalau di kota Dumai banyak nama jalan yakni jalan ombak. Namun demikian hal nya di pulau Rupat jalan tersebut banyak berlobang dalam sehingga Seperi ombak tukas” ambran seraya mengatakan beban anggota DPR yang baru semakin berat beban nya.

Kepala desa hutan ayu pettrus ” desa hutan ayu tentang adat istiadat di desa hutan ayu, ada seperti tiada. Ujar dia. Namun demikian dia juga amat mengapresiasi atas ke-kompokan masyarakat suku akit peranakkan Tionghoa yang sudah bersama bergotong royong dalam mensukseskan acar tersebut. Lanjut nya kembali dia juga berpesan agar bendera simbolis yang menjadi sejarah agar tidak hilang di makan masa. Tukas pettrus.

Smbutan Kapolsek Rupat diwakili brigadir IDRIS. Disela-sela acara itu dia mengajak masyarakat masyarakat untuk menjadi polisi diri, sendiri. Untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan dan hutan”. ujar dia kembali di mana tiap tahun memadam api. pulau Rupat rawan terkait KARLAHUTLA himbau nya. Mengajak masyarakat ” menjaga kebun dan lahan, menjaga keamanan ketertiban menjadi orang yang membangun diri untuk menjadi lebih maju diakhiri pantun.

Sambutan camat Rupat. KHAIRUNAZRI di wakili MUHAMAD ZAKI. Menyampaikan permohonan maaf dari camat Rupat ” permohonan maaf di mana camat Rupat berhalangan hadir di acara tersebut. Sampai nya. Dia mengatakan jika ada yang mengatakan pemerintah memandang sebelah mata itu tidak. Ungkap dia. Selanjut nya dia mengatakan. ”Pemerintah menjamin setiap suku itu sama hak mereka setara senajar di mata pemerintah. Ujar beliau. Senada ramah memperkenalkan diri nya.

Anggota DPRD kab Bengkalis PERRYSITUMEANG s,e. Mengucapak ”selamat dan sukses nya pengukuhan ketua adat akit serta kepengurusan nya. Di tengah-tengah masyarakat di acara tersebut dia juga mengatakan semoga kedepannya anak suku akit, peranakan Tionghoa dapat berkarya dan lebih maju.

Ujar dia kembali. Untuk pembangunan daerah kita rupat dan Rupat utara. Untuk itu kita agar saling bahu membahu dalam melaksanakan pembangunan dan aktif berkomunikasi dengan pemerintah. Dan, mengharapkan setiap kepala desa memberikan hasil Musrenbang desa. Agar bisa di pelajari. Yang mana-mana Pembangunan yang prioritas di desa masing-masing. Tukas Perry anggota DPRD kabupaten Bengkalis. (Alan jeri fanus).

Camat Rupat Bersama Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Kukuh dan Resmikan Balai Adat Suku Akit 2