Permainan Rakyat pacu Gini Anjat Pinang,Tarek Tambang Merupakan Gebyar Kemerdekaan

Bengkalis13717 Dilihat
banner 468x60

BENGKALIS, lintasbarometer.com

banner 336x280

Untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77, berbagai kegiatan digelar oleh Pemerintahan Desa Api Api.

Salah satu kegiatan tersebut yakni perlombaan permainan rakyat yang digelar di Lapangan Desa Api Api, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Kamis, 18 Agustus 2022.

Adapun permainan rakyat yang diperlombakan yakni tarik tambang, pacu goni, panjat pinang, sepak bola dangdut, junjung botol, anyam ketupat, ngukur kelapa dan lain sebagainya.

Kepala Desa Api Api, Edy Ferizal mengatakan bahwa perlombaan permainan rakyat tersebut merupakan gebyar kemerdekaan yang sengaja digelar untuk membangkitkan budaya tradisional yang sudah hampir sirna sebagai dampak dari kemajuan ilmu dan teknologi terutama pada generasi muda.

“Saat ini kaum muda lebih banyak mengenal permainan yang disajikan secara online di dunia maya. Banyak aplikasi permainan modern yang tersaji secara digital. Maka itu, untuk membangkitkan sekaligus memperkenalkan kembali budaya tradisional kita, permainan rakyat ini kami gelar,” ujar Edy kepada awak media melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Rabu, 24 Agustus 2022.

Edy juga menjelaskan, di samping untuk membangkitkan budaya tradisional, ia berharap, melalui perlombaan permainan rakyat tersebut, masyarakat Desa Api Api akan menjadi lebih kompak sehingga rasa kebersamaan dan kekeluargaan akan semakin mengental.

“Mudah-mudahan melalui permainan ini, rasa persatuan dan kesatuan masyarakat jadi kian menguat sehingga rasa kebersamaan dan semangat gotong royong akan semakin terpupuk,” pungkasnya.(j)

banner 336x280