4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit

4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit 2

BENGKALIS, lintasbatometer.com

Hingga Sabtu (25/9/2021), total pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis sebanyak 187 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4 kecamatan tercatat bebas dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Empat kecamatan tersebut adalah Bathin Solapan, Bandar Laksamana, Talang Muandau, dan Rupat Utara. Namun demikian, di empat kecamatan ini masih terdapat pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, dengan rincian, untuk Kecamatan Bathin Solapan ada 11 kasus, Bandar Laksamana dan Talang Muandau masing-masing 1 kasus, dan Rupat Utara 12 kasus.

Berdasarkan data dashboard yang dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Sabtu malam tersebut, Bengkalis masih menjadi Kecamatan terbesar pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri yaitu sebanyak 76 kasus. Baru disusul peringkat kedua Kecamatan Mandau dengan 43 kasus.

Sementara itu, penambahan kasus selama sepekan terakhir yang sempat berkisar pada satu digit, pada Sabtu kemarin naik menjadi dua digit yaitu 11 kasus. Penambahan kasus ini menjadikan total kasus terpapar Covid-19 selama 2021 sebanyak 7.074 Orang. Dari jumlah ini, sebanyak 6.535 kasus dinyatakan sembuh dan meninggal sebanyak 352 orang.

Adapun penambahan kasus baru sebanyak 11 orang tersebut berasal dari 5 kecamatan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra TH menjelaskan, tambahan 11 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Bengkalis 4 orang, Bantan 3 orang, Mandau 2 orang, Siak Kecil 1 orang, dan Bathin Solapan 1 orang.

“Empat orang di Kecamatan Bengkalis dari (desa/kelurahan) Wonosari 2 orang, Kelapapati 1 orang, dan Rimba Sekampung 1 orang. Sedangkan 3 orang di Bantan dari Selat Baru,” katanya.

Sementara 2 orang di Mandau, kata Ersan, Air Jamban dan Balik Alam, serta 1 orang di Bathin Solapan dari 1 orang di Siak Kecil, masing-masing dari Balai Makam dan Tanjung Belit.

September 333 Kasus

Mantan Direktur RSUD Kecamatan Mandau ini mengatakan, dengan adanya tambahan 11 kasus baru tersebut, maka total terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis selama September ini menjadi 333 orang.

“Atau rata-rata penambahan 13 orang per hari. Tertinggi di Kecamatan Bengkalis, sebanyak 115 orang. Sementara terbanyak kedua di Mandau 58 orang, serta ketiga Bukit Batu dan Bantan, masing-masing 36 orang. Sementara terendah di Talang Muandau, hanya 1 orang,” paparnya.

Agar penyebaran dan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di daerah ini dapat dikendalikan seminimal mungkin, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” ujarnya. (Hr/lbr)

4 Kecamatan di Bengkalis Nihil Pasien Corona Dirawat di Rumah Sakit 3