Di UPT Dukcapil Bathin Solapan, Urusan Dokumen Masyarakat Selesai Dalam Hitungan Menit

Di UPT Dukcapil Bathin Solapan, Urusan Dokumen Masyarakat Selesai Dalam Hitungan Menit 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kecamatan Bathin Solapan tuai pujian masyarat. Meski baru berjalan satu bulan, segala kebutuhan administrasi kependudukan terlayani dengan maksimal.

Seluruh pengurusan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, Akta kematian dapat terselesaikan hanya dalam waktu hitungan menit. Masyarakat tidak perlu lagi berlama-lama menunggu dokumen fisik selesai.

Seorang warga Mei Hotmahita Situmorang mengaku puas dengan pelayanan kilat dan cepat petugas di UPT Dukcapil Bathin Solapan. Tiga dokumen kependudukan yang diurusnya: Akta Perkawinan, Akta Kelahiran tiga anaknya serta e-KTP dan KK hilang dapat selesai hanya hitungan menit.

Ia pun menyesal pernah memakai jasa orang lain hanya untuk urusan administrasi kependudukan. Padahal, di UPT Dukcapil Bathin Solapan segala urusan masyarakat sangat mudah dan cepat.

“Menyesal pernah minta tolong sama orang lain untuk pengurusan dengan memberikan surat kuasa, karena dokumen yang dijanjikan tidak kunjung selesai,” katanya.

Pantauan di Kantor UPT Dukcapil Bathin Solapan di simpang garoga, warga yang datang mengurus dokumen administrasi pulang dengan sumringah. Mereka tidak perlu lagi harus bolak-balik mengurus dokumen.

Kepala UPT Dukcapil Bathin Solapan Aromi yosdel menyatakan, pelayanan maksimal bagi masyarakat paling utama. Dalam pelayanan, pihaknya mengedepankan moto dukcapilsimpel, dengan metode layanan DODOS (Dukcapil One Day One Services).

Untuk mempermudah masyarakat, layanan masyarakat di UPT Dukcapil Bathin Solapan dapat terakomodir secara digitial.

UPT Dukcapil Bathin solapan aktif di media sosial seperti instagram dan Facebook dengan akun resmi @dukcapilsimpel.

“Di era digital saat ini, layanan informasi juga bisa dilakukan secara daring melalui akun media sosial tersebut, atau melalui akun whatsapp di nomor 0821-2232-1141,” ucapnya.

Selain membuka layanan tatap muka, UPT Dukcapil Bathin solapan juga membuka layanan mobile, seperti sudah terlaksana di Desa Boncah Mahang dan Desa Sebangar.

“Petugas Dukcapil membuka loket di setiap RT atau RW yang tersebar di desa, dengan harapan, akses penduduk untuk pengurusan administrasi kependudukan bisa lebih mudah,” jelasnya. (***)

Di UPT Dukcapil Bathin Solapan, Urusan Dokumen Masyarakat Selesai Dalam Hitungan Menit 3