Desa Tasik Serai Terpilih Sebagai Utusan Lomba Desa Dari Kecamatan Tualang

TASIK SERAI, lintasbarometer.com

Rombongan Tim penilai desa dan kelurahan untuk tingkat kabupaten tahun 2019, mengunjungi desa Tasik Serai kecamatan Talang Muandau kabupaten Bengkalis Riau, pada kamis pagi (27/6). Kunjugan Rombongan Tim adalah untuk melakukan penilaian desa Tasik Serai selaku utusan kecamatan Talang Muandau yang mengikuti lomba desa.

“Ketua Tim lomba desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yakni, Emirizal, SH menjelaskan, dasar pelaksanaan lomba desa dan kelurahan adalah Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dengan maksud dari pelaksanaan mengevaluasi sekigus mendorong serta memberikan motivasi kepada pemerintah desa dan kelurahan.

“Kegiatan lomba desa ini merupakan agenda tahunan tingkat kabupaten. Dan dasar perlombaaan desa permendagri No 81 tahun 2015. Dan tujuannya adalah untuk mengetahui capaian yang ada didesa dan kelurahan dalam kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kwalitas hidup masyarakat didesa dan kelurahan pada aspek penyelenggara pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan,” jelas Emirizal.

“””Emirizal juga menjelaskan, penilaian lomba desa meliputi tahapan penilaian admistrasi, klarifikasi dan pemaparan. Sedangkan sistematik penilaian untuk setiap tahapan disusun oleh pemerintah kabupaten/kota dengan memperhatikan indikator dalam permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Persyaratan wajib untuk mengikuti lomba desa adalah ketersediaan data profil desa 2 tahun (2016 dan 2017) sesuai permendagri No 12 tahun 2017 tentang penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan serta memiliki Perdes tentang RPJMDES dan RKPDES,” ujarnya

“Masih kata ketua Tim Penilaian desa, desa yang diikutsertakan dalam lomba adalah desa dan kelurahan berkembang dan desa cepat berkembang,”Untuk penetapan juara lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan, ditetapkan dengan keputusan camat. Selanjutnya untuk desa yang diikutsertakan dalam lomba tingkat kabupaten/kota, adalah desa dan kelurahan juara lomba tingkat kecamatan dengan kategori desa dan kelurahan berkembang dan cepat berkembang yang memiliki inovasi/terobosan, produk ungulan menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan juara lomba desa tingkat kabupaten/kota,” jelasnya

PJ kepala desa Tasik Serai, Tasrudin saat dikomfirmasi disela sela kegiatan tentang desa yang dipimpinnya itu mengikuti lomba desa yang sekaligus utusan kecamatan Talang Muandau mengatakan, pihaknya mengucapkan trimakasih pada pihak kecamatan yang telah menilai desa itu desa terbaik sesuai fakta yang ada dikecamatan Talang Muandau.

“Nah, untuk lomba desa tingkat kabupaten, tentunya hal ini menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi desa kita, untuk kedepanya kita kan sudah bisa membenahi kekurangan kekurangan desa ini. Kita juga tidak mencari target, namun kita akan berupaya memaksimalkan apa yang menjadi permitaan kabupaten dan dibidang pendataan dan kelembagaan.

Intinya, hal ini menjadi pengalaman dan menambah wawasan kita, agar kedepanya kita bisa membenahi kekurangan kita,” ujar kades. Berikut jadwal pelaksanaan evaluasi diri (Epdeskel) dan lomba desa dan kelurahan tahun 2019. Untuk tingkat kecamatan, pada Minggu II-IV April. Untuk tingkat kabupaten/kota pada Minggu II- IV Mei, Untuk tingkat Ptovinsi pada Minggu II- IV Juni, dan untuk tingkat Regional Minggu II-IV Juli *(Hendrik H Sitompul)

Desa Tasik Serai Terpilih Sebagai Utusan Lomba Desa Dari Kecamatan Tualang 2