Rokan Hilir Jadi Satu-satunya Daerah di Riau yang Belum Terpapar Kasus Covid-19, Kok Bisa?

Rokan Hilir Jadi Satu-satunya Daerah di Riau yang Belum Terpapar Kasus Covid-19, Kok Bisa? 2

ROHIL, lintasbarometer.com

Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Riau yang masih nihil terpapar kasus Covid-19, hingga saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Hj Mimi Yulianti Nazir mengungkapkan, dari 12 kabupaten/kota di Riau, sebanyak 11 daerah telah terkena virus Covid-19. Sebelumnya, hanya Kabupaten Kepulauan Meranti dan Rohil yang masih ‘bersih’ Corona.

“Namun hari ini, Kabupaten Kepulauan Meranti terkonfirmasi satu kasus positif Covid-19. Praktis saat ini hanya Kabupaten Rohil yang masih nihil kasus positif Covid-19,”kata Mimi, Rabu (13/5/20) di Gedung Daerah.

Mimi mengungkapkan, adapun pasien pertama di Meranti itu adalah, pasien ke-88 ini berinisial IA (19), warga Kepulauan Meranti. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di Kepulauan Meranti.

Menurut Mimi, pasien ini merupakan hasil tracing dari klaster kepulangan santri dari pondok pesantren (Ponpes) Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Adanya pasien ini, maka Kepulauan Meranti menjadi kabupaten ke-11 yang telah terpapar Covid-19.

Pada kesempatan itu, Mimi juga mengatakan bahwa Gubernur Riau H Syamsuar juga telah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada bupati/walikota agar memantau keberadaan santri dari klaster pondok pesantren (Ponpes) Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Pasalnya, klaster santri Magetan ini tidak terpantau keberadaannya.

Diharapkan kata Mimi, dengan adanya peran walikota/bupati akan mempercepat proses penelusuran santri dari Magetan. Karena jumlah santri yang pulang dari Magetan secara mandiri itu tidak terpantau.

“Jadi hari ini, Pak Gubernur Riau telah mengirimkan surat edaran kepada bupati/walikota untuk memantau santri-santri dari Magetan itu. Sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,”harapnya.

Seperti diketahui, jumlah kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau terus melonjak. Hari ini Rabu (13/5/20) ada penambahan 7 kasus, sehingga total menjadi 88 orang.

Dari 88 pasien positif Covid-19 itu, sebanyak 34 orang masih dirawat. Kemudian, 48 pasien sehat dan sudah dipulangkan. Sementara 6 pasien meninggal dunia. (RS/ Lbr)

Rokan Hilir Jadi Satu-satunya Daerah di Riau yang Belum Terpapar Kasus Covid-19, Kok Bisa? 3