Camat Bukit Batu Resmikan Bumdes Mart Pakning Asal

Camat Bukit Batu Resmikan Bumdes Mart Pakning Asal 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Camat Bukit Batu Resmikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mart Mekar Jaya Desa Pakning Asal, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, bertempat di Water Treatment Plant (WTP) Pertamina RU II Sungai Pakning, Selasa (12/05/2020).Hadir dalam acara ini, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat SSTP MPA, Kepala Desa Pakning Asal Jaswir, Pihak Pertamina RU II Sungai Pakning, Pendamping Desa (PD) bidang Ekonomi Raja savika Rezki, Pengawas Bumdes Rafika dan Pengurus Bumdes Mekar Jaya serta undangan lainnya.

Camat Bukit Batu Taufik Hidayat SSTP MPA menyampaikan, Dengan peresmian Bumdes Mart Mekar Jaya ini akan bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Desa Pakning Asal.

“Diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat, kemudian dengan berkembangnya usaha yang ada nanti juga akan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) bisa dinikmati oleh masyarakat,” terang Taufik.

Camat Bukit Batu Resmikan Bumdes Mart Pakning Asal 3
Diakatakan Camat, Kegiatan-kegiatan apa saja nantinya, dan semakin banyak usahanya sehingga keuntungan akan menjadi lebih besar lagi. Tentunya kalau untuk melaksanakan kegiatan ini memang harus melalui proses tak bisa instan.

“Jadi harus dengan usaha yang gigih dari pengelola dan strukturnya lalu yang penting Pendamping Desa (PD) bidang Ekonomi agar bisa melakukan pendampingan dengan baik, terutama dalam hal Manajemen Keuangan,” kata mantan Sekcam Bantan ini.

Dalam hal pengelolaan keuangan untuk Bumdes harus melakukan pendampingan, baik usaha-usaha yang dilakukan sesuai dengan aturan, mekanisme dan jelaskan cara transparansi agar bisa melakukan pendampingan ini tidak hanya harus melakukan memberikan semangat atau gagasan-gagasan lagi. Tutup Taufik.

Sementara itu, Kepala Desa Pakning Asal, Jaswir mengharapkan untuk yang Kedua ini Bumdes Mekar jaya bisa berjalan dengan baik dan bisa lebih maju benar-benar bisa ada Pendapatan Asli Desa (PAD) Pakning Asal.”Ucapkan terima kasih kami kepada perusahaan Pertamina RU II Sungai Pakning dengan kerjasamanya memberi fasilitas untuk Kantor maupun membantu dana untuk kegiatan Produk Serai Wangi di Bumdes Mekar Jaya ini,” kata Jaswir.

Tentunya dalam kesempatan ini, pihak Pemerintahan Desa Pakning Asal memberi apresiasi kepada direktur Bumdes baru ini beserta jajarannya, dan Insya Allah kami mengharapkan dengan wajada Man Jadda nanti bersungguh-sungguh. Inginnya

“15 tahun yang akan datang, ketika usaha ini berkembang sangat yakin akan bisa mendatangkan PAD diatas 1 miliar. Sehingga ketika PAD kita sudah banyak, tentu tidak ragu lagi ketika ada dana perimbangan dari Pemerintah,” ungkap Jaswir lagi.

Dengan harapan selaku Komisaris kepada direktur Bumdes dalam peresmian ini, mari kita bertanamkan sosial seperti apa disampaikan bapak Camat tadi. Selaku pengurus Bumdes harus mempunyai jiwa sosial dan punya gagasan pemikiran yang bagaimana cara ini bisa maju. Pungkasnya.

Penulis : DARPIUS, S.A.P

Camat Bukit Batu Resmikan Bumdes Mart Pakning Asal 4