Kabareskrim: Satgas Pangan Akan Sidak ke Lapangan Pantau Kenaikan Harga

Kabareskrim: Satgas Pangan Akan Sidak ke Lapangan Pantau Kenaikan Harga 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyatakan, akan terus memantau kondisi kenaikan harga bahan baku di tengah menghadapi wabah corona dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Menurut Sigit, pihaknya melalui Satgas Pangan Mabes Polri telah memantau terus kondisi harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Ia tak segan akan langsung melakukan sidak jika terjadi kenaikan harga.

“Jadi manakala terjadi kenaikan dalam kurun waktu tertentu kita akan turunkan tim untuk langsung sidak,” tutur Sigit di PT Food Station Tjipinang Jaya, Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Nantinya, petugas akan memastikan agar distribusi bisa berjalan dengan lancar dan melihat apakah memang kekurangan stok. Sebab dikhawatirkan ada permainan dari pedagang untuk meraup keuntungan berlebih di tengah wabah corona.

“Jadi (sidak) ini akan kita lakukan terus apalagi kita sama-sama tau kita dihadapkan situasi wabah itu menambah kepanikan masyarakat untuk menyetok,” ungkapnya.

Lebih jauh, Sigit menjelaskan, bahwa kebutuhan bahan pokok saat ini dipasaran cukup bagi masyarakat. Namun karena adanya kepanikan masyarakat sehingga terjadi ‘panic buyying’ dan menyebabkan perlu penambahan stok.

“Jadi sebenarnya mungkin bahan sembako bahan baku yang ada kalau dipergunakan dalam kondisi normal itu cukup namun, karena ada kepanikan, stok itu akan menambah jumlah yang tadinya biasa akan naik jadi 30-40 persen,” terangnya.

“Karena itu atas kerjasama dengan kementerian yang ada untuk setiap saat turun ke lapangan memastikam fluktuasi harga yang ada ketersediaan barang yang ada untuk siap ke lapangan,” tandasnya. (Adm/lbr)

 

 

 

 

sumber:okezone

Kabareskrim: Satgas Pangan Akan Sidak ke Lapangan Pantau Kenaikan Harga 3