TNI AD Buka Rekrutmen 17.264 Prajurit di Tahun 2020

Nasional, Pendidikan5681 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA,lintasbarometer.com

banner 336x280

Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) membuka rekrutmen untuk 17.264 prajurit di tahun 2020. Selain itu, TNI AD memperbaiki sistem rekrutmen untuk menjaga kualitas individu yang direkrut.

Hal itu disampaikan Wakil Asisten Personel (Waaspers) KSAD, Brigjen TNI Agus Setiawan saat berkunjung ke stand TNI AD di hari ketiga 29th Indonesia International Education Training Expo & Scholarship 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Sabtu (8/2/2020). Agus mengatakan perbaikan sistem akan membuat proses rekrutmen relatif lebih mudah dibanding tahun lalu.

“Misal saat uji jasmani, renang tidak lagi menjadi bahan penilaian yang menentukan, tetapi hanya sebagai data bahan pertimbangan,” ucapnya kepada awak media.

Dia menjamin perbaikan sistem rekrutmen itu tidak mengabaikan kualitas individu yang direkrut. TNI AD tetap mengedepankan rekrutmen yang objektif dan transparan.

TNI AD diketahui akan merekrut 17.264 prajurit baik untuk Tamtama, Bintara, dan Perwira. Pada tahun 2019, TNI AD merekrut 15.547prajurit.

“Adapun untuk Catar Akmil sebanyak 400 orang, Pa PK Reguler 130 orang, Pa PK Tenaga Kesehatan 110 orang, Caba PK 3.500 orang, Cata PK 13.100 orang dan mahasiswa beasiswa sebanyak 24 orang,” katanya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, TNI AD juga menerapkan sistem zonasi dalam perekrutan calon rajurit. Sistem zonasi itu diterapkan hingga tingkat Kodim.

Putra daerah akan diprioritaskan dalam rekrutmen tersebut. Namun para pendatang yang berdomisili di wilayah tersebut tak kehilangan kesempatan untuk ikut serta. Asalkan sudah berdomisili di wilayah tersebut selama minimal tiga tahun.

“Seluruh warga Indonesia, baik yang di perkotaan, pedesaan, perbatasan, pedalaman, dan di pulau-pulau terluar berhak mengikuti rekrutmen ini,” ujar Agus.

Agus mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap modus kejahatan yang menjanjikan kelulusan dalam proses rekrutmen itu. Dia mengatakan masyarakat bisa memperoleh informasi rekrutmen melalui saluran-saluran resmi yang dimiliki TNI AD.

“Selama proses seleksi, TNI AD tak pernah memungut biaya apapun. Bila ada oknum yang menawarkan kelulusan, jangan percaya dan segera laporkan. Cari lah informasi melalui saluran resmi TNI AD seperti stand di pameran ini,” katanya.
(inews/lbr)

banner 336x280