Capaian Tim Pelaksanaan Inovasi Desa Kecamatan Pinggir

banner 468x60

PINGGIR, lintasbarometer.com

banner 336x280

Musyawarah Antar Desa (MAD) II Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2019. Selasa, 31 Desember 2019.

Tim Pelaksana Inovasi Desa Kec. Pinggir Di bentuk Melalui Musyawarah Antar Desa Yang Dihadiri Kepala desa, BPD, Tokoh Pemuda dan Perempuan dari 8 Desa Se Kecamatan Pinggir.

1. Capaian Bursa Inovasi Desa

Sesuai dengan juknis PID maka Bursa Inovasi Desa dilaksanakan melalui mekanisme Claster.

Dimana claster ini dibagi 4 claster yaitu :
Claster I Gerbang Utama ( Kec. Bantan dan kec. Bantan).

Claster II Gerbang Laksamana ( Kec. Bukit Batu, Kec. Bandar Laksamana, dan Kec. Siak Kecil).

Claster III Gerbang Permata ( Kec. Mandau, Kec. Pinggir, Kec. Talang Muandau dan Kec. Bathin Solapan.

Claster IV Gerbang Pesisir ( Kec. Rupat dan Kec. Rupat Utara)

Bursa Inovasi Desa Claster III Gerbang Permata dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2019 yang di hadiri dari Camat 4 kecamatan , BPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Perempuan serta Pendamping desa baik dari kabupaten dan Propinsi dengan jumlah peserta 250 Orang.

2. Capaian Kegiatan Pelatihan Sumber Daya Manusia

Untuk Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia TPID Kecamatan Pinggir. Pelaksanaan nya pada tanggal 19 September 2019 di Gedung aula kantor Desa Pinggir. Peserta yang hadir berasal dari Kader Pembangunan Manusia dan Perangkat desa setiap desa dengan Narasumber berasal dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Desa Kab. Bengkalis.

3. Capaian Replikasi Inovasi

Pelaksanaan Replikasi dilakukan setelah dilaksanakannya Bursa Inovasi Desa dan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kartu komitmen dan Kartu Ide masuk dalam rencana Kegiatan Pemerintah desa.

4. Capaian Kegiatan Capturing

Didalam program inovasi desa ada kegiatan capturing. capturing dilakukan setelah pelaksanaan Replikasi dilakukan.

Capturing ini bertujuan menangkap inovasi-inovasi yang ada di Desa untuk dapat di publikasikan dan bisa menjadi contoh ide Inovasi bagi Desa-desa yang mempunyai karakter desa yang hampir sama.

Sesuai dengan juknis yang berlaku capturing dilakukan di dua desa yang ada di Kec.Pinggir Yaitu Desa Sungai meranti dengan Inovasi “investasi home industri untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa” dan Desa Buluh Apo dengan inovasi “Pemamfaatan perkarangan rumah dengan penghijauan dan budidaya ikan.

5. Capaian Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi

Monitoring ini dilakukan memastikan Kartu Komitmen dan Kartu Ide masuk dalam Anggarapan Pembelanjaan Desa untuk Tahun 2020. (H.Sitompul)

banner 336x280