Bupati Rohil Membuka Sosialisasi Aplikasi Simatrik Kominfo

Rokan Hilir4493 Dilihat
banner 468x60


ROHIL, lintasbarometer.com

Bupati Rohil secara langsung membuka sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis Web Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) yang diikuti ratusan wartawan baik media cetak, elektronik maupun online, Senin, 6 Februari 2023.

banner 336x280

Sosialisasi yang dilaksanakan di hotel Leon Bagansiapiapi tersebut dihadiri Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH, para ketua organisasi pers dan berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua pelaksana sosialisasi  selaku Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil yang secara langsung membuka sosialisasi penggunaan aplikasi Simatrik dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh insan pers yang telah hadir.

Kadis Kominfotik menyebutkan, media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung antara Pemerintah dan masyarakat sehingga kerjasama antara media massa dengan Pemerintah merupakan hal yang sangat perlu dilakukan.

Dari segi perkembangannya, media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media- media yang bermunculan maka daya saing juga semakin meningkat. Sehingga, berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama, katanya.

Oleh sebab itu kata Indra, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks mencoba untuk menjawab persoalan tensebut dengan menyediakan Apllkasi Barbais Web Sistem Informasi Keriasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.0 yang merupakan perkembargan dari versi sebelumnya.

Dengan memanfaatkan perkembargan teknologi informasi terkini, saat ini dapat memudahkan perusaharan pers untuk mendaftarkan medianya yang akan Kerjasama dengan Pemda Rahil dan sebaliknya Pemda Rohil juga akan labin mudan dalam menyeleksi media yang akan bekerja sama.

Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada para rekan-rekan media dalam penggunaan aplikasi Simatrik dan mempermudah perusahaan pers untuk melakukan pendaftaran kerjasama, paparnya.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi Aplikasi Simatrik tersebut. Sebab kata Bupati, aplikasi ini merupakan inovasi dalam pelayanan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan para media massa serta wujud nyata reformasi birokrasi berbasis teknologi informasi.

Saya berharap kehadiran Aplikasi Simatrik ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua baik bagi perusahaan pers dan tentunya bagi Dinas Kominfotiks selaku perpanjangan Pemerintah daerah dalam menjalin kerjasama dengan para media, harap Bupati.

Dengan adanya aplikasi Simatrik ini lanjutnya, dapat lebih selektif dalam memilih media yang berkompeten untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rohil. Karena sama-sama kita maklumi perkembangan media saat ini sangatlah pesat sehingga banyak media-media yang bermunculan maka selektifitas dalam memilih media yang akan bekerjasama itu adalah hal yang sangat penting dilakukan.

Pemerintah Kabupaten Rohil jelas Bupati, tidak akan pernah lepas dari peran media massa karena media massa salah satu pilar dalam demokrasi. Dari medialah kita bisa menyalurkan segala informasi terkait kegiatan pemda kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat mengetahui tentang  kegiatan-kegiatan yang telah di lakukan pemerintah daerah.

Selain itu, media juga mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi-informasi yang akurat, bermutu dan mendidik sehingga masyarakat dapat terhindar dari informasi yang tidak benar atau hoax, paparnya.

Oleh karenanya pemerintah Kabupaten Rohil mengharapkan kepada Insan Pers saling bekerjasama dan bersinergi untuk bersama-sama berjuang membangun dan memajukan Kabupaten Rohil.

banner 336x280