Sumarno Hibahkan Tanah Seluas 6.722 Meter Persegi Untuk Pembangunan Kantor Koramil Kec.Talang Maundau

Bengkalis10779 Dilihat
banner 468x60

TALANG MUANDAU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Sempena mendukung TNI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi teritorial, serta untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan bermasyarakat, Seorang warga sekaligus tokoh masyarakat Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis-Riau, Sumarno dan Tauhid Awaluddin menghibahkan sebidang tanahnya seluas (+-) 6.722 meter persegi (M²) lokasi Jln Gajah Mada km 34 Tasik Serai,yang ditujukan guna Pembangunan Kantor Komando Rayon Militer (Koramil) Talang Muandau, Wilayah Distrik Militer (Kodim) 0303 Bengkalis, Senin (30/01/2023).

Sumarno mengatakan, hibah lahan tersebut dilakukan dengan niat yang tulus guna menghadirkan sosok-sosok Prajurit, yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lingkungan masyarakat. Sebab, sampai saat ini lokasi tersebut masih termasuk dalam cakupan Koramil 03 Mandau yang notabenenya berjarak sangat jauh ke arah kota (Duri, red).

“Koramil 03 Mandau yang ada saat ini sangat jauh dari lingkungan kami, harus lewati medan terjal dan butuh waktu untuk menjangkau. Memang benar, dadi Koramil 03 Mandau ada menempatkan Babinsanya di wilayah Desa Tasik Serai ini, tapi hemat kami, alangkah indahnya ada kantornya langsung disini. Jadi kalau ada gangguan, bisa cepat ditanggapi. Jujur, disini memang sering terjadi gangguan, konflik sosial, bahkan banyak lagi. Kami harap, dengan kehadiran kantor Koramil di Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Muandau ini, situasi bisa lebih aman dan nyaman,” kata Sumarno di kediamannya kepada Lintasbarometer.com

Tak berlama-lama, Sumarno segera menuangkan niat baik menghibahkan lahannya dalam secarik kertas berwujud surat resmi. Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto turut hadir didampingi Danramil 03 Mandau, Pasilog Lettu. Inf. Ucok Doni Samosir serta beberapa Babinsa,dan disaksikan Camat Talang Muandau Perwakilan Sekcam. Kepala Desa Tasik Serai Sabar Manurung Ketua BPD Warsimin

Usai meneken surat Hibah tersebut, Sumarno berpesan agar aparat Kodim Bengkalis dapat mempergunakannya sesuai kebutuhan dan diharap dapat memberi manfaat baik bagi masyarakat, utamanya dalam hal menjaga keamanan, meredam konflik, memberi edukasi kepada masyarakat, menumbuhkan semangat UMKM, serta dapat memberdayakan masyarakat setempat menjadi komunal yang lebih terbina sesuai dengan tugas pokok dan fungsi teritorial Kodim 0303.

“Kami ikhlas hibahkan lahan, dan kami harap kantor Koramilnya dapat segera dibangun ya Pak Dandim. Supaya Babinsa dan prajurit TNI bisa lebih dekat dengan masyarakat di Talang Mandau, utamanya Desa Tasik Serai ini,” harap Sumarno.

Hibah lahan itu sendiri, kata dia, berangkat dari Hatinurani dan kesadaran diri yang kemudian disepakati oleh Kepala Desa Tasik Serai Sabar Manurung, Ketua BPD Warsimin dan pula disambut baik oleh Masyarakat setempat. “Setelah ini, semoga Koramil di lokasi ini bisa segera dibangun. Gagasan ini berangkat dari masyarakat, oleh masyarakat dan diharap bisa berguna untuk masyarakat. Kami percaya, kehadiran Bapak-bapak TNI disini bisa membawa kebaikan bagi masyarakat,” ungkap Sabar Manurung, Kepala Desa Tasik Serai.

“Hibah lahan ini juga jadi bukti bahwa TNI adalah kita dan merupakan kepunyaan masyarakat. Nantinya TNI akan lebih dekat dengan masyarakat, itu yang sudah kami nanti sejak lama,” ujar Kades berharap, sembari membubuhkan tanda tangan pada surat Hibah tersebut.

Dihadapan seluruh pihak yang hadir, termasuk Sekcam Talang Muandau Heru Syafrian, Kasi Pelayanan Umum Ramadhan, Ketua BPD Tasik Serai Warsimi dan Tokoh Masyarakat Sarut, Letkol Endik menyambut baik hibah lahan tersebut beriring seluruh harapan yang disampaikan warga, perangkat desa maupun kecamatan Talang Muandau.

“Kami sangat terharu atas gagasan yang berangkat dari masyarakat Tasik Serai ini. Sebagai Komandan Kodim 0303 Bengkalis, saya sampaikan salam hormat dari seluruh Prajurit untuk masyarakat disini. Hibah lahan untuk pembangunan kantor Koramil Talang Muandau ini kami terima dengan baik, selanjutnya akan saya tanda tangani dan dicap (stempel, red) untuk keabsahannya. Terima kasih yang sebesar-besarnya. Dengan ini kami tegaskan, TNI memang milik Rakyat dan terima kasih sudah setia bersama kami,” ungkap haru Letkol Endik sembari membubuhkan tekenan dalam surat hibah tersebut.

Selanjutnya, kata Dandim, seluruhnya bakal melanjutkan proses hibah lahan tersebut ke jenjang yang lebih tinggi termasuk ke Badan Pertanahan Nasional (BPN/ATR) Kabupaten Bengkalis untuk dapat diperolehnya sertipikat yang lebih resmi dan berkekuatan hukum agar nantinya tidak muncul hal-hal negatif di kemudian hari.

“Surat hibah yang ada ini akan kita teruskan tingkatannya sampai ke BPN. Jadi, nanti akan dikeluarkan sertipikat yang lebih legal. Agar kedepan tidak ada gangguan. Insha Allah, kita akan tindak lanjuti agar semuanya selesai. Kita juga berharap agar kantor Koramil di Talang Muandau ini dapat segera dibangun guna mendatangkan kenyamanan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” Ujarnya Endik. ** Hendrik Hs*

banner 336x280