Rakor se-Provinsi Riau, Maksimalkan Pengembangan Wisata Rupat Utara

Bengkalis13219 Dilihat
banner 468x60

RUPAT UTARA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Sebagai upaya dalam memaksimalkan pengembangan pariwisata Pulau Rupat, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, bersama Disbudparpora Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pariwisata se-Provinsi Riau, di Vila Anting Putri, Rupat Utara, Senin 14 Februari 2022.

Hal ini adalah langkah percepatan terwujud Visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera, yang tentunya pada bidang kepariwisataan.

Bupati Bengkalis Kasmarni, yang secara resmi membuka Rakor dengan pesertanya terdiri dari Kepala Dinas Pariwisata se-Provinsi Riau ini mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini terus bergerak menyiapkan sarana prasarana objek wisata khususnya di Pulau Rupat.

“Salah satu fokus pembangunan kedepannya adalah mengembangkan sektor-sektor yang berbasis renewable resources, terutama pada sektor pariwisata. Mengingat, sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan,” sebut Kasmarni.

Ia mengungkapkan ika sektor pariwisata dapat dikelola secara maksimal dan professional, maka pariwisata akan menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat yang sangat kuat. Karena harus disadari hingga saat inj ketergantungan kekayaan sumber daya alam sangat besar dan mendominasi struktur pendapatan daerah.

“Melalui forum ini mari kita pikirkan, bangun koneksi, komunikasi, koordinasi, sinergi, kolaborasi, serta strategi, agar kita dapat membangun sektor pariwisata di daerah kita masing-masing secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan tetap memberikan perlindungan pada nilai seni, adat-istiadat, budaya dan agama yang hidup di dalam masyarakat didaerah kita yang multi-kultur,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rahmat mengungkapkan Provinsi Riau saat ini juga gencar memaksimalkan objek wisata. Sehingga diharapkan kepariwisataan seluruh daerah di Riau harus saling bersinergi.

“Jangan ada sikap seperti ‘sikut menyikut’ antara kita di daerah. Kita semua satu yaitu Riau dan harus bersama mengembangkan potensi wisata di daerah kita masing-masing,” ungkapnya.

Tunjukkan potensi setiap daerah, lanjutnya, dengan dukungan penuh pemerintah daerah. Sehingga ekonomi masyarakat bangkit dan meningkatkan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, H Heri Indra Putra, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Johansyah Syafri, staf khusus Bupati, Isa Selamat dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Provinsi Riau, Dr. Ir. Eni Sumiarsih.

Kemudian Kadisbudparpora Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura, Camat Rupat Utara dan Rupat serta tamu undangan lainnya. (Rils)

banner 336x280