Sosialisasi Pencegahan & Penanggulangan Bencana Karhutla

banner 468x60

PINGGIR, lintasbarometer.com

banner 336x280

Rapat koordinasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Daerah serta Kebakaran Hutan dan Lahan Di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. yang dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Desember 2019 untuk menimalisir terjadinya kebakaran hutan.

Sosialisasi ini di hadiri oleh Anasrul selaku narasumber dari BPBD Kabupaten Bengkalis, Danramil Mandau-Pinggir.

Pertemuan tersebut dihariri oleh sersan mayor Yulihar, Kapolsek Pinggir yang diwakili oleh Ipda Zulkifli, Camat Pinggir yang diwakili oleh Kasi Trantib Aik Suwito, ST, Kasi Pelum Kec.Pinggir Febrizar, STDamkar Kec. Pinggir, seluruh UPT dan kepala Desa/Lurah, MPA, Perwakilan Perusahaan, Perwakilan Kepolisian yang hadir yaitu Babinkantidmas Desa Pinggir Bribka SUTOPO dan Babinkantidmas Desa Pangkalan Libut. serta seluruh Staf Kantor Camat Pinggir.

kegiatan sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang di sampaikan langsung oleh Anasrul selaku narasumber dari BPBD Kabupaten Bengkalis.

“Ada tiga tahapan penangulangan bencana itu, yang pertama tahap pra bencana, kedua saat terjadi bencana dan ketiga pasca bencana.

“ancaman-ancaman, relatif tidak dapat diubah/dipengaruhi, kerentanan, dapat di perkecil, kapasitas, dapat ditingkatkan maka, risiko dapat dikurangi dengan cara memperkecil kerentanan dan meningkatkan kapasitas.”

“Kita sebagai masyarakat memiliki tugas untuk ikut mensosialisasikan penanganan karhutla ini ditengah-tengah masyarakat minimal dalam kelompok atau lingkungan kita,” Ucap Anasrul.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, fungsi utama masyarakat pra kebakaran, artinya kita dapat menyampaikan kepada masyarakat jangan sampai membakar hutan dan lahan dalam melakukan pembukaan hutan dan lahan. Karena ada dampak atau resiko yang harus diterima oleh masyarakat dan pelaku pembakaran sendiri. (Jas)

banner 336x280