5 Check Point di Pekanbaru Dijaga Petugas 24 Jam Selama PSBB

banner 468x60

PEKANBARU,Lintasbarometer.com

banner 336x280

Kota Pekanbaru akan mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat (17/4). PSBB diterapkan untuk meminimalisir pergerakan orang sehingga bisa menekan penyebaran virus corona.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru akan menyiagakan sejumlah petugas 24 jam untuk berjaga di lima titik pintu masuk kota selama PSBB.

“Kelima titik pintu masuk itu berlokasi di dekat SPBU Teratak Buluh, di Lintas Timur dekat SPBU Kulim Atas, Rimbo Panjang di dekat SPBU, di Garuda Sakti dekat Masjid Baiturrahmandan berikutnya di depan Polsek Rumbai,” kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Pekanbaru, Khairunnas, Rabu (15/4).

Khairunnas mengatakan, selain menjaga lima pintu masuk atau biasa disebut check point, pengendara moda transportasi yang keluar masuk Kota Pekanbaru juga akan diperiksa suhu tubuhnya. Apabila ditemukan ada yang suhu tubuhnya tinggi akan dirujuk ke rumah sakit.

Selain itu, petugas juga akan mengingatkan warga untuk memakai masker. Nantinya di setiap check point itu pun akan disiagakan petugas medis, yang dilengkapi thermal gun dan juga stok masker yang dibagikan untuk pengendara.
“Kebijakan menyiagakan petugas di lima pintu masuk berdasarkan Perwako dan Permenkes RI, sebagai upaya dalam mengantisipasi pandemi COVID-19 itu,” kata dia.Sementara itu menjelang Bulan Ramadhan, Gubernur Riau, Syamsuar, meminta seluruh pemerintah kabupaten dan kota segera membentuk Desa atau Kelurahan Siaga guna mempercepat penanganan COVID-19.Menurut Syamsuar, keberadaan Desa Siaga itu penting karena masyarakat desa biasanya bisa langsung mengetahui siapa yang baru datang atau keluar masuk dari desa tersebut sehingga akan mempermudah melakukan pengawasan dan pemantauan.
“Keberadaan Desa Siaga COVID-19 itu, diyakini akan lebih memudahkan tim gugus tugas untuk mempercepat penanganan kasus akibat pandemi COVID-19 dan seluruh aktivitas masyarakat bisa langsung dipantau oleh RT/RW setempat,” kata Syamsuar. (Kmp/ Lbr)
banner 336x280