Sekda Kunjungi 3 Kecamatan Sosialisasikan Pencegehan Corona

Sekda Kunjungi 3 Kecamatan  Sosialisasikan Pencegehan Corona 2

KAMPAR, lintasbarometer.com

Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran  Virus Covid-19 atau dikenal dengan virus Corona di Kabupaten Kampar, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri M.Si mensosialiasikan langkah-langkah strategis pencegahan Corona bersama Camat dan Kepala Desa di Tiga Kecamatan yakni Kampar, Kampa dan Tambang, Selasa (24/3/2020).

Pada kesempatan tersebut, Sekda menghimbau kepada Camat dan Kades agar dapat memberikan pemahaman yang baik tentang bahayanya virus Covid-19 ini kepada para ulama, tokoh masyarakat, hal ini terkait dengan agenda besar seperti Isra Mi’raj ataupun tabliq akbar, hari raya enam (ziarah kubur) serta agenda yang bersifat mengumpulkan orang banyak agar ditiadakan dulu, begitu juga dengan pesta pernikahan. “Nikah silahkan, ijab kabul kemudian selesai, namun untuk pesta agar ditunda.”tegasnya

Selain itu, Sekda Kampar juga memerintahkan kepada Kepala Desa untuk menyampaikan kepada sanak keluarga yang berada di luar negeri untuk tidak pulang ke kampung halaman, hal ini dikarenakan penularan virus Corona (Covid-19) ini sangat cepat dan berbahaya serta belum ada obatnya.

“Kalau masyarakat kampar yang berada di luar negeri sayang sama kampung halaman dan sanak saudara, jangan pulang ke kampung dulu hingga batas waktu yang belum ditentukan.” Ucap Sekda Kampar kepada Kepala Desa.

Untuk keselamatan masyarakat kita harus tegas karena wabah ini sudah mendunia bahkan diberbagai daerah di Indonesia sudah berlabel merah yang artinya wabah yang mematikan sudah memakan korban banyak.

Selanjutnya Sekda Kampar juga memerintahkan kades agar menginformasikan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas diluar rumah dan tidak berkumpul di warung-warung.

“Lakukan sosialisasi dengan berkeliling desa dengan memakai becak, informasikan akan bahayanya Covid-19 atau Corona ini kepada masyarakat melalui pengeras suara sehingga masyarakat faham, buat baliho tentang Covid-19.”ucap Yusri

Untuk kepala puskesmas Sekda Kampar perintahkan agar terus lakukan pemantauan untuk masyarakat baik itu tempatan maupun pendatang dan terus lakukan koordinasi dengan kades, camat dan Dinas Kesehatan.

“Untuk menanggulangi penyebaran virus ini jalan satu-satunya adalah selalu waspada, karena belum kita temukan obatnya, terus lakukan sosialisasi kepada masyarakat, kesadaran masyarakat paling utama kita lakukan.”kata Sekda Kampar

Lebih lanjut Sekda Kampar mengatakan bahwa Kampar telah membentuk Gugus Depan Penanggulangan Covid-19 yang diketuai Bupati Kampar dan telah membuat Posko Terpadu Covid-19 yang didalamnya terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Polri, TNI, BPBD, RSUD yang setiap saat bisa berkoordinasi.

Usai acara Sekda Kampar juga turut melakukan razia Covid-19 di daerah perbatasan pekanbaru-bangkinang desa Rimbo panjang kecamatan Tambang. (Yan/Prot)

Sekda Kunjungi 3 Kecamatan  Sosialisasikan Pencegehan Corona 3