Pemkab Rohul Bersama Masyarakat Pawai Takbiran Hari raya Idul Adha 1444 H

Advertorial, Rokan Hulu2522 Dilihat
banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pawai Takbiran Hari raya Idul Adha 1444 H, Rabu Malam (28/06/2023) di Kabupaten Rokan Hulu, provinsi Riau, berlangsung meriah. Puluhan mobil hias berornamen Islami turut mewarnai kemeriahan pawai takbiran yang langsung di lepas oleh Bupati Rohul H. Sukiman.

Pawai takbiran ini di mulai sekitar pukul
21.00 Wib, start dari depan Astaka Desa pematang Berangan Kabupaten kecamatan Rambah sampai Simpang tiga kilo meter empat Desa suka maju kecamatan Rambah Kabupaten Rohul.

Hadir dalam pelepasan pawai takbiran ini, Wakil Bupati Rohul, Sekda Rohul, Kapolres Rohul, Wakapolres Rohul, Kepala Kemenag Rohul, Koramil 02 Rambah serta Kepala Dinas Badan dan Kantor di lingkungan Pemkab Rohul. Hadir juga Ketua TP PKK Rohul, Ketua GOW Rohul, Ketua DPW Rohul serta Masyarakat Rohul.

Sebelum melepas pawai takbiran, bupati Rohul berserta Forkompinda menabuh beduk dan mengibarkan bendera tanda di mulainya pawai takbiran yang di ikuti puluhan perwakilan dari para masjid yang ada di kecamatan Rambah.

Dari pantauan di lapangan, para peserta lomba menghadirkan berbagai mobil hias menarik seperti Miniatur Ka’bah. Miniatur Al-Qur’an dan bentuk masjid. Bahkan ada juga beberapa mobil hias yang membawa hewan kurban yang akan dikurbankan.

Kehadiran parade mobil hias ini disambut antusias oleh ribuan warga di kecamatan Rambah yang memadati jalan Tuanku Tambusai tepatnya di depan Islamic Center Kabupaten Rohul.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia malam Takbiran Idul Adha Fhatanalia Putra yang juga menjabat sebagai Asisten I Pemkab Rohul menyampaikan, pelaksanaan pawai takbiran ini bertujuan untuk menghidupkan dan menyemarakkan syiar Islam serta memahami makna kemenangan dalam Islam sebagai sarana untuk merajut ukwah Islamiah dibawah takbir tahlil dan tahmid.

“Dari laporannya peserta pawai takbir yang diundang mencapai 11 masjid di Kecamatan Rambah dan diberikan insentif berupa bantuan uang BBM,” katanya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman memberikan apresiasi terhadap tingginya antusias masyarakat Rohul dalam mengikuti pawai takbiran ini. Hal ini menandakan tingginya semangat masyarakat Rohul dalam menggelorakan semangat Islamiah.

“Saya berharap pawai takbiran ini dapat mempererat silaturahmi, baik sesama muslim dan antar umat beragama lain nya sesuai dengan syiar agama Islam yang mengedepankan kedamaian dam mencerminkan nilai-nilai rahmatan lil alamin,” ujarnya dalam kata arahannya.

Dalam kegiatan tersebut, Sukiman mengajak masyarakat Rohul untuk meresapi hikmah hari Raya Kurban serta kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Semangat berkurban dari kedua Nabi Allah tersebut hendaknya diaplikasikan masyarakat Rohul dalam konteks pembangunan daerah.

Banyak pengorbanan yang bisa diberikan untuk pembangunan daerah, seperti dengan berkontribusi dalam hal pemikiran, taat membayar pajak, dan memelihara persatuan dan kesatuan serta menjaga kedamaian dan kondusifitas daerah.

“Mari kita jadikan Hari Raya Idul Adha ini sebagai momentum merajut persatuan dan kesatuan kita serta menggelorakan semangat berkurban demi kemajuan daerah yang kita cintai,” pungkasnya.**(Ns/ADV)

banner 336x280