Gubri Imbau Masyarakat Jangan Beli Sapi dari Daerah Terpapar PMK

Pekanbaru14127 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau masyarakat agar tidak membeli sapi untuk kurban Idul Adha 1443 Hijriah mendatang dari daerah-daerah yang sudah dilaporkan ada kasus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Setidaknya per hari ini tercatat ada 5 kabupaten di Riau yang sudah terpapar PMK yaitu Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Siak, Bengkalis dan Kampar. Karenanya, Gubri Syamsuar mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan ibadah kurban Idul Adha namun lebih mewaspadai pembelian sapi.

“Usahakan sumber sapi yang dibeli masyarakat jangan dari daerah yang sudah terkonfirmasi PMK. Silahkan berkurban sebanyak-banyaknya tapi perlu juga diperhatikan kesehatan hewan yang kita kurbankan,” kata dia, Jumat (10/6/2022).

Gubri mengaku telah menugaskan Kepala DPH Riau, Herman, untuk mengecek sapi dan hewan ternak dari daerah lain yang masuk wilayah Riau.

Sementara itu, Herman juga mengungkapkan, laporan terbaru ada 5 ekor sapi di Kabupaten Bengkalis dan 15 ekor sapi di Kampar yang terkonfirmasi positif PMK.

“Jadi kemarin saat kita mengirim sampel sapi di Bengkalis, ternyata di Kampar juga ada sapi yang gejala PMK kita ambil sampelnya, dan hasilnya positif PMK hasil pemeriksaan labor,” jelasnya.

Dengan data itu, maka total sapi di Riau yang telah terkonfirmasi positif PMK berjumlah 60 ekor ditambah sebelumnya terdapat 5 ekor sapi di Rokan Hulu yang positif PMK, 20 ekor sapi di Siak dan 15 ekor sapi di Indragiri Hilir. (Hr/lbr)

banner 336x280