Puan Ingatkan Pemerintah: Pasokan Biosolar Jangan Terganggu agar Distribusi Logistik Aman

Nasional5212 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti krisis pasokan biosolar bersubsidi yang terjadi di sejumlah daerah akhir-akhir ini.

Politikus PDIP itu mendesak pemerintah memastikan keamanan pasokan solar agar tindak menghambat distribusi logistik saat bulan Ramadan. Hal ini mengingat kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi itu akan menimbulkan permasalahan yang lainnya.

“Sebentar lagi kita akan memasuki Ramadan. Krisis biosolar yang terjadi harus segera diatasi. Pemerintah harus bisa pastikan keamanan pasokan biosolar agar tidak mengganggu distribusi pengangkutan logistik,” kata Puan, Rabu (31/3/2022).

Menurut dia, kondisi tersebut juga menimbulkan kerugian bagi petani akibat hasil tanamnya kesulitan didistribusikan dampak kelangkaan solar bersubsidi.

Akhirnya banyak hasil pertanian yang tak bisa terjual dan mempengaruhi harga beberapa komoditas di pasaran, khususnya cabai dan sayuran. Selain itu, masalah tersebut pun berpengaruh terhadap produktivitas nelayan.

Oleh karena itu, ia meminta masalah krisis solar bersubsidi segera dicarikan jalan keluar.

“Sejalan dengan rapat antara Komisi VII DPR dan pihak Pemerintah, kami meminta agar ada penambahan kuota biosolar bersubsidi sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” ujarnya.

Mantan Menko PMK itu memahami adanya pengurangan kuota biosolar bersubsidi tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Namun ia juga mengingatkan Pemerintah mengenai peningkatan permintaan biosolar menyusul faktor pemulihan ekonomi. (Kompastv)

banner 336x280