Realisasi APBD 2021 Kurang dari 70 Persen, Sekdaprov Rapat Evaluasi

Realisasi APBD 2021 Kurang dari 70 Persen, Sekdaprov Rapat Evaluasi 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau tahun 2021 diketahui baru terealisasi 60,75 persen untuk keuangan dan fisik 68,64 persen. Realisasi ini terbilang rendah sehingga Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto melakukan rapat evaluasi.

Rapat evaluasi yang dilakukan secara tertutup itu dihadiri seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov Riau) di Ruang Melati, Kantor Gubernur Riau, Jumat (29/10/2021).

Sekdaprov Riau, SF Hariyanto mengatakan bahwa rapat itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemajuan setiap OPD sekaligus kendala yang dihadapi.

“Kemaren kita lihat realisasinya masih rendah. Kita ingin dengar penjelasannya (OPD -red), apa kendalanya. Biar dicarikan solusinya,” kata dia.

Sekdaprov sebelumnya juga meminta agar seluruh OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk menggesa realisasi APBD Riau tahun 2021.

“Saya minta kepala OPD, khususnya instansi teknis seperti Dinas PUPR, Dinas Pendidikan dan instansi lainnya untuk menggesa kegiatan yang bersumber di APBD Riau 2021,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemprov Riau juga telah menerima hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk APBD Perubahan dan ditargetkan bulan November mendatang akan disahkan.

“Evaluasi sudah keluar, ada catatan-catatan yang harus dilengkapi, tidak ada yang krusial hanya bersifat administrasi. Setelah (dilengkapi -red) itu kita antar lagi ke sana (Kemendagri), kemudian baru diparipurnakan dan disahkan,” jelasnya. (Hr/lbr)

Realisasi APBD 2021 Kurang dari 70 Persen, Sekdaprov Rapat Evaluasi 3