Tengah Malam, Jokowi Memimpin Apel Kehormatan di TMP Kalibata

Nasional12909 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Upacara digelar beberapa jam menjelang upacara bendera HUT RI.

“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini Selasa tanggal 17 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam ini,” kata Jokowi saat pembacaan naskah apel, dalam siaran di akun youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi kemudian merinci jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata. Rinciannya yaitu TNI dan Polri 9192 pahlawan, Badan Perjuangan 892 pahlawan, tokoh nasional 63 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan. Sehingga jumlahnya mencapai 10.190 pahlawan.

Demikian pula, kata Jokowi, pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya. Baik itu di kota-kota, dusun-dusun, lereng-lereng gunung, lembah-lembah ngarai, dan di dasar lautan. “Kami menyertakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklhasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan, demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga,” kata dia. “Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya.”

Setelah itu, Jokowi memimpin peserta untuk mengheningkan cipta. Upacara ini berlangsung sekitar 20 menit. Setelah itu, Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun meninggalkan lokasi upacara. (Tempo)

banner 336x280