Tinjau Tol Pekanbaru – Bangkinang, Jokowi Ingin Pembangunan Rampung Akhir 2021

Pekanbaru12037 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini meninjau pembangunan ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang yang termasuk dalam jaringan tol Trans Sumatera. Pembangunan ruas tol tersebut ditargetkan rampung pada Desember 2021.

Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini merupakan salah satu seksi dari ruas Jalan Tol Pekanbaru – Padang. “Ini berada di sirip Pekanbaru – Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer, dan kita harapkan progressnya makin hari makin panjang,” kata Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 19 Mei 2021.

Adapun pembangunan Tol Pekanbaru – Bangkinang ini melibatkan subkontraktor lokal dan program padat karya dan menyerap sekitar 5.800 orang tenaga kerja. Jokowi berharap keberadaan tol Trans Sumatra akan meningkatkan kecepatan pergerakan arus barang dan manusia antardaerah dengan semakin banyaknya ruas jalan tol yang beroperasi.

“Sekali lagi, dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat, dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain,” kata Jokowi.

Kepala Negara juga berharap tol Pekanbaru – Padang akan meningkatkan mobilitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat. “Nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain,” tuturnya.

Jalan Tol Pekanbaru – Padang sepanjang 254 kilometer merupakan koridor pendukung atau sirip dari Tol Trans Sumatera. Infrastruktur ini adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) sebagaimana tertuang dalam Perpres No 109/2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Adapun Jalan Tol Pekanbaru – Padang terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi I Padang – Sicincin, Seksi II Sicincin – Bukittinggi, seksi II Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh – Pangkalan, seksi V Pangkalan – Bangkinang dan seksi VI Bangkinang – Pekanbaru. Secara keseluruhan ruas Tol Pekanbaru – Padang ditargetkan beroperasi pada tahun 2025. (Tempo)

banner 336x280