Gubernur Riau Apresiasi Atas Mahakarya Mahasiswa UNILAK

Pekanbaru, Pendidikan8012 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

GubernurRiau Drs H Syamsuar MSi, dan Direktur PP-Iptek Kemenristekdikti kagum atas karya teknologi buatan mahasiswa Universitas Lancang Kuning (Unilak), hal ini disampaikan saat melihat langsung stand pameran Unilak di acara pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi Provinsi Riau (Riau science center ) yang diadakan Balitbang Riau, Selasa (17/12/2019).

Di pameran ini Unilak menampilkan panel surya karya mahasiswa fakultas teknik, maket gedung hotel karya mahasiswa arsitektur, lampu cerdas, panel digital, pintu otomatis karya mahasiswa Fasilkom Unilak.

Saat meninjau stand Unilak, gubernur Riau ditunjukkan lampu cerdas yang bisa hidup dan mati dengan perintah suara melalui smartphone.

Disaat demo, Syamsuar menyuruh mahasiswa Unilak untuk mematikan lampu dan menghidupkan kemudian lampu menyala sesuai perintah yang dihubungkan melalui smartphone, melihat itu gubernur Riau dan direktur PP Ristekdikti bertepuk tangan.

Sekitar 10 menit gubernur Riau mendapatkan penjelasan cara kerja lampu cerdas oleh mahasiswa.

Produk lampu cerdas terdiri dari 4 lampu putih, panel listrik dan bluetooth, lampu dapat dihidupkan dengan perintah suara melalui aplikasi android di smart phone.

Hal yang sama juga disampaikan oleh direktur pusat Mochammad Syachrial Annas, peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi kementrian Riset, teknologi dan pendidikan tinggi.

Saat meninjau stand Unilak ia memberikan apresiasi atas Inovasi dari mahasiswa Unilak. Inovasi karya mahasiswa harus ditunjukkan dan ditampilkan agar ini bisa menjadi pemicu bagi siswa sekolah dan diketahui oleh masyarakat yang melihat pameran.

Di stand Unilak karya mahasiswa menjadi daya tarik beberapa siswa sekolah yang berkunjung. Di antaranya SMK pertanian dan SMA 1 Pekanbaru. Pameran diadakan selama tiga hari dimulai dari 17-19 Desember 2019. (sekret Unilak/Jas)

banner 336x280