Pemkab Inhu Diminta Sosialisasikan Pentingnya Vaksin

Pemkab Inhu Diminta Sosialisasikan Pentingnya Vaksin 2

INHU, lintasbarometer.com

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diminta sosialisasikan pentingnya vaksin Covid-19 ke masyarakat. Sehingga masyarakat memahami tujuan vaksinasi dan siapa saja yang berhak menerima serta mekanisme pelaksanaannya yang melibatkan unsur TNI-POLRI serta stakeholder lainnya.

Demikian terungkap saat Pemkab Inhu mengikuti video conference dalam rangka rapat Koordinasi (rakor) tingkat menteri bersama Menkes, Menag, Kapolri, Kasad dan Kepala BNPB serta pemerintah daerah, Sabtu (30/1/2021) sore di ruang tunggu VIP lantai 4 Kantor Bupati Inhu.

Rakor untuk penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19.

Tampak hadir dari Kabupaten Inhu Kapolres Inhu diwakili Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran WB, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Inhu, Ergusfian dan beberapa pejabat Pemkab. Inhu lainnya yang terlibat dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Rapat yang dipimpin Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ini membahas koordinasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam rangka memutus penyebaran mata rantai Covid-19 dengan harapan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tahun 2021 lebih baik dan efektif.

Ruhut mengharapkan penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 untuk lebih ketat dan disiplin. Dia juga menegaskan pentingnya penegakan protokol kesehatan kepada seluruh pimpinan daerah, baik gubernur serta bupati/walikota dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

Menyinggung masalah vaksinasi, ia menyampaikan bahwa hal ini belum dapat dilaksanakan secara serempak terhadap seluruh masyarakat dimana sejauh ini masih bertahap dan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Hal ini menurutnya masih membuka peluang terjadinya penyebaran pandemi bagi mereka belum tervaksinasi.

Permasalahan tersebut menurutnya berdampak terhadap penegakan prokes yang masih diperlukan selama masa pandemi.

Sementara di Kabupaten Inhu menurut tim gugus tugas Covid-19 menyampaikan program vaksinasi Covid-19 akan segera dilaksanakan di bulan Februari 2021.

Diperoleh juga informasi saat ini telah disiapkan tempat penyimpanan vaksin dimaksud di Indragiri Hulu dan sudah berkoordinasi juga dengan pihak terkait (PLN). (Hr/ Lbr)

Pemkab Inhu Diminta Sosialisasikan Pentingnya Vaksin 3