Nakes Positif Covid-19, Dua Puskesmas di Kampar Ditutup

Nakes Positif Covid-19, Dua Puskesmas di Kampar Ditutup 2

KAMPAR, lintasbarometer.com

Dua Puskesmas di Kabupaten Kampar terpaksa ditutup karena tenaga kesehatan yang bertugas di sana diketahui terkonfirmasi positif covid-19. Dua fasilitas kesehatan yang ditutup tersebut yaitu Puskesmas Bangkinang Kota dan Puskesmas Kampar Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudi SKM M.Kes mengatakan, puskesmas tersebut ditutup hingga proses tracing dan tracking yang dilakukan tim penanganan Covid-19 Kampar selesai dilakukan.

“Sesuai standar penanganan Covid-19, apabila ada satu pegawai di puskesmas dinyatakan positif, puskesmas ditutup selama beberapa hari untuk disemprot disinfektan dan disterilkan sembari menunggu proses tracing dan tracking,” ungkap Dedy seperti dikutip dari akun facebook Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Ahad (2/8/2020).

Dalam postingan tersebut, Puskesmas Bangkinang Kota sudah ditutup sejak 20 Juli 2020 lalu hingga 2 Agustus 2020. Penutupan ini dilakukan karena salah satu tenaga kesehatan terkonfirmasi positif covid-19. Kemudian dilakukan swab massal terhadap seluruh petugas puskesmas dan menyatakan bahwa 5 petugas puskesmas telah terpapar covid-19.

“Puskesmas Bangkinang Kota pelayanannya dialihkan ke puskesmas Salo hingga tanggal 2 Agustus 2020,” ujar Dedy.

Sementara itu Puskesmas Kampar Utara ditutup hingga 10 Agustus mendatang setelah dua tenaga kesehatan yang bertugas disana terkonfirmasi positif covid-19. Masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan diarahkan ke Puskesmas Rumbio Jaya.

“Kami tengah melakukan test swab kepada seluruh tenaga kerja yang berada di Puskesmas Kampar Utara. Sembari menunggu hasil test swab, seluruh tenaga kerja diisolasi dan pelayanan puskesmas ditutup. Kemudian akan dilakukan sterilisasi di bangunan dan seluruh ruangan puskesmas,” ucapnya. (Ro/ Lbr)

Nakes Positif Covid-19, Dua Puskesmas di Kampar Ditutup 3