DPRD Pekanbaru Temukan Kejanggalan Jumlah Suket Domisili

DPRD Pekanbaru Temukan Kejanggalan Jumlah Suket Domisili 2

PEKANBARU,lintasbarometer.com

Ada hal yang mengejutkan pada saat Komisi I DPRD Kota Pekanbaru memanggil seluruh Camat dan Lurah se-Kota Pekanbaru untuk membahas Bantuan Keuangan (Bankeu) dan Surat Keterangan (Suket) domisili. Suket domisili digunakan orang tua untuk mendaftarkan anaknya di sekolah pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Ketika Ida Yulita Susanti, anggota dari Komisi I DPRD Kota Pekanbaru menanyakan jumlah Suket domisili yang dikeluarkan oleh Kelurahan Cinta Raja Kecamatan Sail pada bulan Juni 2020 kepada sang Lurah yang diketahui bernama Rizki.

Dari pengakuan sang Lurah, pihaknya baru mengeluarkan Suket domisili sebanyak 78 lembar, sementara itu data yang dimiliki oleh Ida, suket domisili yang sudah dikeluarkan Kelurahan Cinta Raja sebanyak 187 lembar.

“Berarti ada perbedaan data yang sampai ke sekolah dengan yang dikeluarkan oleh Lurah, inikan harus ada perhatian khusus dari DPRD Pekanbaru secara khusus karena ada persoalan di sini (Kantor Lurah Cinta Raja),” cakapnya, Selasa (30/06/2020).

Dari itu srikandi Golkar ini meminta Lurah tersebut untuk segera melakukan cross check terhadap surat domisili yang sudah dikeluarkan karena adanya perbedaan data dari Lurah dan pihak sekolah.

“Kalau Lurah merasa tidak mengeluarkan tolong di cross check siapa oknumnya, karena kalau ini dibiarkan ada indikasi Lurah mengetahui itu. Tapi kemungkinan yang kedua hari ini sudah canggih dan bisa discan (duplikat),” jelasnya.

Lebih jauh Ida menerangkan langkah selanjutnya yang akan diambil oleh Komisi I adalah melakukan investigasi bersama DPRD Provinsi Riau.

“Komisi I DPRD Pekanbaru akan turun bersama DPRD Provinsi ke sekolah-sekolah favorit dan setelah proses PPDB selesai kita akan panggil seluruh sekolah-sekolah untuk diminta surat domisilinya lalu kemudian kembali memanggil Lurah untuk mempertahankan apakah ini benar-benar Lurah yang mengeluarkan atau tidak,” pungkasnya. (Clh/ Lbr)

DPRD Pekanbaru Temukan Kejanggalan Jumlah Suket Domisili 3