Sosialisasi PHB Berakhir, Tempat Usaha Langgar Protokol Kesehatan Akan Ditindak

Sosialisasi PHB Berakhir, Tempat Usaha Langgar Protokol Kesehatan Akan Ditindak 2
PEKANBARU, lintasbarometer.com

Batas waktu sosialisasi Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 104 Tahun 2020 tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru (PHB) Masyarakat Produktif dan Aman dalam Pencegahan Covid-19 sudah berakhir.

Satpol PP Kota Pekanbaru akan melayangkan surat teguran bagi tempat usaha dan pasar yang melanggar protokol kesehatan. Kepala Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono mengatakan, sosialisasi protokol kesehatan sebenarnya sudah dilakukan sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Semuanya terlihat patuh hingga sekarang,” kata Agus, Senin (22/6/2020).

Kata dia, kalau masih ada tempat usaha dan pasar yang melanggar maka akan ditegur. “Tapi bukan berarti yang melanggar tak ditegur saat ini. Kalau semua tempat usaha acuh tak acuh dengan protokol kesehatan, maka akan ditegur,” kata Agus.

Tempat usaha yang paling disorot adalah tempat hiburan malam. Pasalnya, tempat hiburan malam menjadi tempat berkumpul.

“Kalau masih ada tempat usaha yang melanggar, kami layangkan surat teguran besok. Jika diulang juga, kami hentikan usahanya sementara waktu,” tegas Agus.

Hal itu juga berlaku pada pasar. Jika ada orang terindikasi tertular virus, maka pasar bisa ditutup. “Kalau melanggar saya tutup sementara waktu. Bukan berarti kami menutup dengan semena-mena,” sebut Agus. (Clh/ Lbr)

Sosialisasi PHB Berakhir, Tempat Usaha Langgar Protokol Kesehatan Akan Ditindak 3