Rapat Koordinasi Penanganan Karhutla dengan Stakeholders terkait Perusahaan Perkebunan se Kabupaten Inhu

banner 468x60

INHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Selasa 03 Desember 2019 pukul 14.30 wib bertempat di ruang Auditorium H. Yopi Aranto Kantor Bupati Kab. Inhu dilaksanakan Rapat Koordinasi penanganan Karhutla tahun 2020 Kab. Indragiri Hulu dengan Stakeholders terkait Perusahaan Perkebunan se Kabupaten Inhu.

Yang di hadiri dalam kegiatan Rapat tersebut, Wakil Bupati Kab. Inhu H. Khairizal, SE, M. Si. Dandim 0302 Inhu, Kapolres Inhu AKBP Efrizal S. Ik. Sekda Kab. Inhu Ir. Hendrizal, M.Si, KasatPol PP Kab. Inhu Boby Rachmat S. Ip, Kaban Kesbangpol Kab. Inhu Adri Bahar S. Sos, Kabag Ops Polres Inhu Kompol Ahmad Salmi, Kabag Pertanahan Raja Fachrurazi, Para Danramil jajaran Kodim 0302 Inhu. Kasat Intelkam Polres Inhu AKP Ari Surya S, SH.
Para Kapolsek jajaran Polres Inhu, Kepala KPBD Inhu Anggi Widodo, Para Camat se Inhu, Kanit Intelkam Polres Inhu Ipda Agus Ferinaldi, S. Sos. MH, Perwakilan Perusahaan Perkebunan yang ada di wilayah Kab. Inhu, Para Lurah/Kades se Kab. Inhu, dan para undangan.

Bupati Inhu yang di wakili Oleh wakil Bupati Inhu Kharizal menyampaikan dalam kegiatan rapat, Tersebut, ini dilatar belakangi berdasarkan hasil Koordinasi Pemda Inhu, Polres Inhu dan Kodim 0302 Inhu untuk mengantisipasi Karhutla dimusim kemarau yang akan terjadi di tahun 2020. Para Camat, Koramil dan Kapolsek ber Koordinasi untuk antisipasi penanggulngan Banjir.

KPBD diharapkan agar ber Koordinasi dengan pihak kepolisian untuk memersiapkan segala hal yang perlu di siapkan, Sudah banyak upaya yang dilakukan dalam menanggulangi Karhutla namun masih saja terjadi, Agar di serial Kecamatan dilakukan rapat Koordinasi dengan melibatkan MPA dan melaporkan kegiatan ke Bupati Melalui Sekda, Awal Januari 2020 akan dilakukan Rapat Koordinasi kembali terkait permasalahan Karhutla dan membuat MOU, Pemerintah Daerah harus menyikapi terhadap lahan Perusahaan yang tidak diurus.

Dandim 0302 Inhu Dalam Pidato menjelsakan, Kebakaran hutan 90% disengaja, Perlu dibentuknya Satgas gabungan penanganan Karhutla, Agar dilakukan pembersihan Kanal dan Embung Air, Tidak ada yang bisa menjamin Daerah nya tidak terjadi Karhutla, Agar seluruh Perusahaan bahu membahu membantu penanggulangan Karhutla, Mengutamakan pola Pencegahan dengan, melaksanakan Patroli dan Penyuluhan, Merubah Minset masyarakat agar tidak membakar ketika membuka lahan, Kebakaran di lahan Gambut sangat sulit untuk dipadamkan, Terjadi nya pendangkalan di Embung Air.

Kurangnya kebakaran masyarakat tentang bahaya Karhutla, Kurangnya Koordinasi dengan Instance terkait yang menangani Karhutla selection Pemda, TNI, Polri dan Perusahaan, pelaku Pembakaran adalah musuh kita bersama, Tingkatkan Kebersamaan dengan Instansi dan hilangkan Ego Sektoral dengan membuat MOU dan Protap, kita banyak tidak siap dari peralatan, Penegakan hukum merupakan upaya terakhir, Luas wilayah kebakaran di Kab. Inhu tahun 2019, SBB : 880,75, PT. Tugu Palma, PT. TGN, PT. PAL : 600 HA, lahan masyarakat Lirik Sei Lala 193 Ha, Kec. Batang PeranaP PT. Artelindo138 Ha.

Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.IK. juga menyampaikan, Mitigasi Bencana Karhutla Polres Inhu dan Jajaran menghadapi Muslim kemarau tahun 2020, Prediksi BMKG tahun 2020 kemarau lebih panjang dari sebelumnya, Daerah kita menjadi perhatian Nasional dan Internasional dalam masalah Karhutla, Semua harus menyamakan persepsi dalam melakukan Pencegahan Karhutla, Bersama -sama menanggulangi Karhutla secara bekerjasama dengan seluruh elemen. Rabu 4/12/2019. (P2R/red)

banner 336x280