Lima dari 1.033 Warga yang Rapid Test di Pekanbaru Diketahui Positif

Lima dari 1.033 Warga yang Rapid Test di Pekanbaru Diketahui Positif 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Rapid test yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sampai kini sudah mencapai 1.033 orang. Lima di antaranya diketahui positif, 1.028 lainnya dinyatakan bersih atau negatif.

“Ini (hasil rapid test positif) indikasi saja, bukan berarti positif Covid-19,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru M Amin, Rabu (22/4/2020).

Kelima orang yang dinyatakan positif sesuai hasil rapid test itu langsung diberikan perawatan medis di rumah sakit dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Yang positif (sesuai hasil rapid test) ini tentu kita PDP kan dia dulu sampai menunggu hasil swab-nya keluar,” kata dia.

Sebab, untuk memastikan seseorang positif terinfeksi Covid-19 mesti dilakukan tes swab terlebih dahulu. Jadi, kata dia, belum tentu yang rapid test memang positif Covid, bisa saja dari tes swab dinyatakan negatif.

“Untuk itu perlu dilakukan tindak lanjut dengan dilakukan tes swab, dan informasi yang kita terima dari RSD Madani sudah ada yang dinyatakan negatif,” jelasnya.

Informasi adanya hasil rapid test positif ini sebelumnya disampaikan Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi melalui keterangan pers.

“Dapat kami informasikan juga bahwa Dinas Kesehatan telah melakukan pemeriksaan rapid test kepada 1.033 orang dengan hasil 1.028 negatif dan 5 positif. Ini termasuk yang sebelumnya dirawat di RSD Madani dan telah dinyatakan negatif sesuai hasil PCR (tes swab),” jelasnya. (Clh/ Lbr)

Lima dari 1.033 Warga yang Rapid Test di Pekanbaru Diketahui Positif 3