Bupati Sukiman Beri Apresiasi Kades di Rohul, Sudah Berperan Pencegahan COVID 19

banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, beri apresisasi ke seluruh Kepala desa (Kades) se Rohul yang sudah berperan dalam pencegahan COVID 19.

Ucapan terima kasih Bupati Sukiman, disampaikan saat berkoordinasi antar wilayah dalam Penanganan COVID-19 di Rohul, dilakukan Bupati Rohul H. Sukiman, saat Video Conference (Vicon) dengan Camat Tambusai Utara, Upika serta Kepala Desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rohul, Pasir Pangaraian.

Dalam Vicon itu, Bupati Sukiman didampingi Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul yang juga Jubir Covid-19 Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si.

Dalam vicon, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si menjelaskan perkembangan Penanganan dan pencegahan COVID-19 di Kecamatan Tambusai Utara. Di daerahnya, terdiri 11 desa seta 8 desa persiapan, dan peduli dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Setiap desa di Kecamatan Tambusai Utara diwajibkan mendirikan Posko pemantauan Siaga COVID-19, hal itu sesuai arahan Bapak Bupati Rohul,” kata Mastur

Kata Masyurnlagi, bukan hanya membangun Posko, saja dimana setiap fesa juga sudah menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).Setiap rumah warga, perkantoran, tempat umum telah disediakan Cuci Tangan dan Hand Sanitizer.

Kapolsek Tambusai Utara Iptu D. Raja Putra Napitupulu SIK mengakui, pihaknya juga sudah melakukan razia di tempat hiburan dan billiar. Ditegaskannya, bagi pengunjung yang melanggar atuaran akan dikenankan sanksi pidana bila tidak mengindahkan keputusan Presiden.

“Kami juga menghimbau ke petugas jaga di Posko KM 11 dan KM 24, agar setiap supir bus turun untuk mengecek suhu tubuh, kita juga mendata penumpang asal dan tujuan kemana,” ucapnya

Dalam Vicon itu, setiap Kades diberi kesempatan menyampaikan sejumlah upaya yang sudah dilakukan dalam penanganan dan pencegahan COVID19 di desanya masing-masing. Umumnya Kades sudah berupaya dalam pencegahan virus COVID 19, seperti mendirikan Posko, memproduksi dan membagikan masker, penyemprotan Disinfektan, mendata warga yang masuk ke desa dan bantuan APD

Kepala Desa Rantau Sakti, Purwadi ST mengaakui, sudah membagikan masker dan penyemprotan disinfektan di tempat fasilitas unum desa, sekolah dan rumah ibadah bekerjasama dengan karang taruna dan 78 relawan untuk pos penjagaan.

“Ada1000 masker juga sudah kita bagikan ke masyarakat, namun masker tersebut diberikan sesuai skala Priortas, pertama bagi orang tua yang rentan terdampak COVID 19, untuk ODP dan PDP, selebihnya masyarakat yang dominan melaksnakan kegaiatan di lapangan,” jelas Purwadi

Termasuk Kades Mahato Firiadi, juga telah mendirikan Posko Covid-19 di KM 11 dan KM 24. Selain itu, Pemdes Mahato juga telah menyerahkan APD, Kaca Mata Pelindung, Helm dan Sepatu kepada tim Medis.

“Kita sudah melakukan penyemprotan Disinfektan dirumah warga, insya allah besok kita akan membagikan 10 ribu masker untuk masyarakat Mahato dan juga telah dibuat tempat mencuci tangan dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran COVID 19,” harap Firiadi.

Atas upaya Kades di Tambusai Utara, Bupati H. Sukiman mengapresiasi Pemerintahan Desa (Pemdes) dalam upaya pencegahan penanganan covid-19 yang perlu dicontoh, agar seluruh masyarakat menjaga dan mencegah penyebaran virus Corona mulai dari tingkat desa, RW dan RT.

Bupati Sukiman menegaskan , seluruh Kades agar terus melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya menjaga pintu masuk desa, mendata warga yang keluar dan atau masuk, mengkampanyekan rajin mencuci tangan.

Bupati Sukiman juga meminta ke Camat, agar mendata warga 44 KK kurang mampu yang terdampak langsung COVID 19 diseluruh desa se Rohul, Pemkab akan berikan bantuan selama 3 bulan Rp 600 ribu per bulan, kepada warga selain penerima Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan (PKH). ( RD/ Lbr)

banner 336x280