13 Pasien Positif Rapid Test di Dumai Masih Tunggu Hasil Swab

13 Pasien Positif Rapid Test di Dumai Masih Tunggu Hasil Swab 2

DUMAI, Lintasbarometer.com

Sebanyak 13 pasien positif virus corona hasil rapid test masih menunggu hasil swab test dari Laboratorium BTKL Litbangkes Kementerian Kesehatan RI.

Hal itu diungkapkan oleh dr Syaipul selaku juru bicara gugus tugas Covid-19 Kota Dumai, Sabtu sore (28/4/2020).

“Iya, kita masih menunggu hasil swab test atau PCR dari Laboratorium BTKL Litbangkes Kementerian Kesehatan RI,” kata dr. Syaipul.

Dijelaskan Syaipul, sebanyak 13 hasil rapid test positif yang telah dikirim ke labiratorium tersebut, dan pihaknya masih menunggu hasil Swab Test.

Menurut Syaipul, hasil rapid test belum mencerminkan apakah mereka positif terjangkit virus Corona.

“Rapid test untuk anti body dan digunakan untuk skrening atau penyaringan awal yang dilakukan terhadap sejumlah kelompok prioritas, yakni PDP, ODP, dan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit dan Puskesmas,” jelasnya.

Selanjutnya dilakukan swab tenggorokan dengan cara mengambil sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan pasien tersebut lalu dikirim ke Laboratorium BTKL Litbangkes Kementerian Kesehatan RI.

“Mereka yang dinyatakan positif rapid test sesuai protokol kesehatan otomatis masuk dalam Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan diisolasi sambil menunggu hasil swab test, isolasi untuk mencegah penyebaran virus corona,” ungkap Syaipul

Terakhir Syaipul mengatakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai telah menggunakan sebanyak 618 rapid test.

“Sebanyak 618 rapid test dari Pemprov Riau digunakan untuk melakukan skrining awal terhadap mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Hingga Selasa (21/4/2020) pukul 08.30 WIB pusat informasi Covid-19 Kota Dumai, mencatat jumlah ODP di Dumai sebanyak 595 orang, PDP 16 orang dan kasus dikonfirmasi positif virus corona hasil swab test 6 orang. ( HR/ Lbr)

13 Pasien Positif Rapid Test di Dumai Masih Tunggu Hasil Swab 3