Piala Bergilir Diarak Keliling Kota Bangkinang

Advertorial, Kampar4794 Dilihat
banner 468x60

KAMPAR, lintasbarometer.com

Di bawah rintik-rintik hujan, ribuan masyarakat Kabupaten Kampar larut dalam suka cita menyambut kemenangan Kafilah Kabupaten Kampar yang berhasil meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an XXXVIII Tingkat Provinsi Riau Tahun 2019. Kemenangan itu diumumkan pada malam penutupan, Sabtu (30/11/2019) malam di arena utama MTQ Riau, Lapangan Merdeka, Bangkinang.

banner 336x280

Bumi Serambi Mekkah Riau yang meraih 91 poin juga sukses mematahkan dominasi Pekanbaru yang meraih gelar juara umum tiga kali berturut-turut sejak 2016 hingga 2018. Pekanbaru sendiri harus terdepak ke posisi keenam.

Selain sukses menjadi juara umum tuan rumah, Kabupaten Kampar juga meraih juara pawai taaruf, Posisi kedua ditempati Bengkalis dengan koleksi 74 poin disusul Rokan Hilir di posisi ketiga (47). Dua kabupaten bertetangga Pelalawan dan Siak menempati posisi keempat karena sama-sama mengumpulkan 41 poin. Selanjutnya di posisi kelima ditempati Rokan Hulu (39), Pekanbaru di posisi keenam dengan koleksi 35 poin.

Selanjutnya posisi ketujuh hingga kesebelas yaitu Kepulauan Meranti (27), Indragiri Hulu (20), Indragiri Hilir (18), Kumantan Singingi (17) dan Dumai (5).

MTQ Provinsi Riau ke-38 tahun 2019 ini ditutup Gubernur Riau H Syamsuar. Acara penutupan dihadiri Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri yang juga Ketua Panitia Pelaksana MTQ Riau 2019, Forkopimda Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar., termasuk juga Bupati dan Walikota se-Riau dan pejabat dari Pemprov Riau serta kabupaten kota dan undangan lain.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya mengatakan, dengan berakhirnya pelaksanaan MTQ ini, ia berharap suasana yang damai, sejuk dan religius yang telah tercipta selama pelaksanaan MTQ dapat terus terpelihara dan semakin meningkat dihari-hari mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Catur juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ Riau di Kabupaten Kampar.

“Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal ibadah dan mendapatkan balasan dari Allah SWT dan kepada seluruh kafilah dari kabupaten kota, kami memohon maaf jika terdapat pelayanan yang kurang memuaskan selama pelaksanaan MTQ ini,” ulas Catur.

Sementara itu, sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan Kampar, menurut rencana Ahad (1/12/2019) pagi sekira pukul 10.00 WIB piala bergilir dari Gubernur Riau akan diarak keliling Kota Bangkinang.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Arizon kepada wartawan Sabtu malam mengungkapkan, kepada seluruh pejabat eselon II, III dan IV serta panitia MTQ Riau Bupati Kampar minta menggunakan pakaian melalui dalam arak-arakan ini. Arak-arakan dimulai di Lapangan Merdeka Bangkinang.

Dari pantauan media, acara penutupan MTQ Riau yang ke-38 ini kembali disambut antusias masyarakat. Masyarakat banyak yang datang ke arena utama MTQ di Lapangan Merdeka Bangkinang sejak sore.

Meskipun Jalan Prof M Yamin SH yang merupakan bagian ruas jalan nasional Riau-Sumbar ditutup untuk kendaraan lintas provinsi dan dialihkan ke Jalan Lingkar Bangkinang, namun tetap saja kemacetan tak bisa dielakkan. Ribuan masyarakat tidak hanya menonton rangkaian acara penutupan dan menyambut pengumuman para juara MTQ, namun juga menyerbu bazar MTQ di samping Lapangan Merdeka atau di depan Jembatan Water Front City. Sekira pukul 20.00 WIB bazar sudah penuh sesak.

Masyarakat juga terlihat antusias melihat stand kabupaten dan kota yang dibuat menarik oleh masing-masing kabupaten/kota meskipun sebagian isi stand sudah kosong melompong karena sebagian pemilik telah mengosongkan barang-barang yang ada di dalam stand. Banyak masyarakat memanfaatkan momen ini berswa foto dan foto bersama keluarga. (Adv/Hms)

banner 336x280