Resmi Dikukuhkan, Pj Sekda Siak Titip Harapan Demi Kemajuan dan Prestasi Kepada Pengurus KONI Baru

Resmi Dikukuhkan, Pj Sekda Siak Titip Harapan Demi Kemajuan dan Prestasi Kepada Pengurus KONI Baru 2

SIAK,lintasbarometer.com

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau Emrizal Pakis, Kamis (6/2/2020) kemarin. Lantik dan kukuhkan Ketua beserta Pengurus KONI Kabupaten Siak, Riau, masa bhakti 2019-2023, yang dilaksanakan di Gedung Mahratu Siak Sri Indrapura.

Pengukuhan dan pelantikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Siak tersebut, turut dihadiri oleh Penjabat Sekda Kabupaten Siak Jamaluddin, beserta sejumlah Pengurus KONI Provinsi Riau dan KONI Kabupaten Siak.

Dimana pada kegiatan itu, terlihat hadir seperti, Wakil Ketua I KONI Provinsi Riau Destrayani Bibra, Wakil Kepala Bidang Organisasi Syamsurizal Saleh, Dewan Penyantun KONI Siak Amzar, Ketua Pengurus KONI Kabupaten/Kota se-Riau, Pengurus Cabang Kabupaten, beserta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Siak dan tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan pelantikan dan pengukuhan Pengurus KONI Kabupaten Siak itu, berdasarkan Surat Keputusan KONI Provinsi Riau, dan menindaklanjuti hasil Musorkab KONI yang berlangsung di Siak Sri Indrapura, pada 29-30 Desember 2019 lalu.

Kemudian hasil Musorkab tersebut, memutuskan Afifuddin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua pada periode kepengurusan KONI yang lalu terpilih sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Siak dengan masa jabatan 5 tahun kedepan.

Sementara itu, sebagai Wakil Ketua Umum KONI Kabupaten Siak, yakni Nazaruddin, dan untuk jabatan Sekertaris KONI Kabupaten Siak, yakni Poniran, dan sebagai Bendahara KONI Kabupaten Siak, yakni Wan Zainuri.

Dalam sambutanya, penjabat Sekda Kabupaten Siak Jamaluddin mengucapkan selamat dan tahniah, kepada Ketua Umum beserta Pengurus KONI Siak yang baru dilantik dan dikukuhkan, agar menitipkan sejumlah harapan bagi kemajuan organisasi dalam pencapaian prestasi olahraga di Kabupaten Siak saat ini.

“Saya berharap, momentum ini menjadi semangat baru untuk menggiatkan perbaikan, penyempurnaan, dan revitalisasi keolahragaan yang kelak mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga Kabupaten Siak. Pada masa akan datang mampu membangun keunggulan, baik dikancah Riau, regional maupun nasional,” ujarnya.

Tantangan dalam pengembangan prestasi olahraga di daerah ke depan, sebut Jamal, tentunya semakin berat, berbagai agenda event olahraga penting yang telah menunggu, seperti Oktober 2020 nanti PON ke-20 di Provinsi Papua, dan PORPROV Riau ke 10 yang akan diadakan di Kabupaten Kuansing pada tahun 2021 mendatang, disamping itu juga akan dilaksanakan berbagai event olahraga dan turnamen lainnya.

“Untuk itu saya minta kepada jajaran Pengurus KONI Siak yang baru dilantik, kiranya dapat segera melaksanakan konsolidasi semua Pengurus Cabang Olahraga, dengan melakukan evaluasi dan memetakan potensi cabang olahraga yang ada di Kabupaten Siak saat ini,” ujar Jamal.

Walaupun prestasi yang akan dicapai nanti, menurut pengamatan Jamal sudah berhasil, dan saya yakin dukungan Pemerintahan Daerah, KONI, Pengkab Cabor, Dunia Usaha serta seluruh elemen masyarakat, prestasi olahraga Kabupaten Siak dapat mengalami peningkatan.

Ketua KONI Kabupaten Siak Afifuddin mengatakan, prestasi atlit Kabupaten Siak dalam periode kepengurusan sebelumnya mengalami kemajuan yang pesat. Seperti, pada ajang PORPROV Riau lalu di Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kabupaten Kampar, yang mana hasil dalam pencapaian yang ditorehkan para atlit cukup memuaskan.

“Pada PORPROV di Indragiri Hulu lalu, Siak berada di posisi kelima, dan Alhamdulillah dalam pelaksanaan PORPROV di Kampar posisi Siak justru naik satu tingkat ke posisi empat. Artinya, atlit Siak saat ini cukup disegani di tingkat provinsi,” ujarnya.

Kedepan, kata Afifuddin, untuk PORPROV di Kuansing nanti, kami bersama rekan rekan pengurus bertekad untuk mempertahankan prestasi ini, minimal tetap pada posisi empat besar dengan target perolehan 36 medali emas, 42 perak, dan 41 perunggu.

“Target kami tentunya untuk sejumlah medali perak akan dapat meraih medali emas,” imbuhnya.

Dalam hal itu, Ketua Umum KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis menyebutkan pada pergantian kepemimpinan itu merupakan tradisi organisasi, namun yang paling penting dapat melanjutkan apa yang telah dilakukan, seperti halnya prestasi yang telah diraih pada periode kepengurusan sebelumnya.

“Atas nama KONI Provinsi Riau, saya sampaikan ucapan terimakasih kepada mantan Ketua KONI Kabupaten Siak beserta seluruh pengurus yang sudah demisioner,” ucapnya.

Ketua KONI Riau Emrizal itu menyebutkan, prestasi Provinsi Riau di bidang olehraga itu disumbangkan oleh 12 kabupaten/kota. Sebab beberapa atlit yang dipersiapkan nanti pada Pekan Olahraga Nasional yang dibina oleh pelatih asal kabupaten/kota.(Datariau/lbr)

Resmi Dikukuhkan, Pj Sekda Siak Titip Harapan Demi Kemajuan dan Prestasi Kepada Pengurus KONI Baru 3