Atasi Over Kapasitas, Kemensos Siap Bantu Kemenkumham Siapkan Balai Rehabilitasi

Atasi Over Kapasitas, Kemensos Siap Bantu Kemenkumham Siapkan Balai Rehabilitasi 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), memberikan penghargaan kepada sejumlah kementerian dan lembaga yang telah mendukung Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) sehingga kinerja tahun 2019 melampaui target.

Penghargaan diberikan dalam acara Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020 yang berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Narkotika Jakarta, Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (16/1/2020).

Menkumham, Yasonna Laoly, menyampaikan terimakasih kepada seluruh kementerian dan lembaga yang telah berperan aktif serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan program Pemasyarakatan. Ia berharap dukungan terus diberikan dari semua pihak sehingga target Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 bisa tercapai.

“Saya mengharapkan dukungan kepada semua pihak untuk mensukseskan pekerjaan besar ini,” kata Yasonna.

Sebagai salah satu kementerian yang mendapatkan penghargaan, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengaku siap terus memberikan suport kepada Kemenkumham dengan menyediakan sejumlah balai rehabilitasi.

“Prinsipnya kami membantu Kemenkumham khususnya dalam rehabilitasi sosial, kami memiliki balai rehabilitasi sosial. Saya lihat yang sangat berhubungan itu seperti balai rehabilitasi anak salah satunya yang ada di Bambu Apus, selanjutnya balai rehabilitasi untuk Napza atau narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya dan balai yang lainnya,” kata Juliari.

Di satu sisi, lanjut Mensos, pihaknya akan meningkatkan fasilitas maupun kapasitas balai rehabilitasi. Pasalnya, saat ini yang menjadi permasalahan serius adalah masalah daya tampung disejumlah Lapas maupun balai rehabilitasi yang over kapasitas.

“Jadi memang terus terang saya juga melihat fasilitas kami juga masih perlu ditingkatkan dari fasilitas maupun kapasitasnya. Karena kedepannya ini dihantui tidak semuanya (narapidana) akan bisa ditampung oleh lembaga-lembaga pemasyarakatan, kita juga harus siap mendukung,” tandas Juliari.

Dalam kesempatan ini, selain Kemensos penghargaan juga diberikan kepada sejumlah kementerian dan lembaga diantaranya Polri, Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dab Reformasi Birokrasi, Ombudsman RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selanjutnya Kementerian Perindustrian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pegentasan Anak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Perpustakaan Nasional RI. (*)

 

sumber : Poskotanews

Atasi Over Kapasitas, Kemensos Siap Bantu Kemenkumham Siapkan Balai Rehabilitasi 3