Mendagri Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Pimpin Langsung Vaksinasi Covid-19

Nasional10024 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah turun langsung untuk mempercepat program vaksinasi covid-19. Tujuannya agar herd immunity atau kekebalan kelompok dapat segera dicapai.

Tito juga meminta agar program vaksinasi tak hanya diserahkan pada kepala dinas melainkan harus dipimpin langsung oleh para kepala daerah.

“Tolong rekan-rekan kepala daerah memberikan dorongan yang sangat serius kepada kepala dinas kesehatan, terutama dalam rangka untuk melakukan program vaksinasi, apalagi kalau bisa memimpin rapatnya langsung, itu lebih bagus lagi,” katanya dikutip dari keterangan tertulis Kemendagri, Kamis (20/5/2021).

Dia menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi. Menurutnya kepala daerah memiliki kewenangan penuh di daerah.

“Di beberapa daerah kami cek itu semua diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, sehingga ketika menemukan hambatan di lapangan itu di luar kewenangannya,” ucapnya.

Lebih lanjut Tito juga meminta kepala daerah memiliki skenario dalam menjalankan program vaksinasi di daerah masing-masing. Pasalnya, setiap daerah memiliki situasi di lapangan yang berbeda-beda.

“Kita harus mempercepat penyuntikan untuk mencapai kekebalan kelompok secepat mungkin. Jadi mohon betul kepala daerah memiliki skenario dan tolong pimpin langsung. Sehingga kepala dinas kesehatan pede (percaya diri) pada saat melakukan eksekusi,” tuturnya. (Inews)

banner 336x280