Tahap I Sudah Cair, Begini Cara Mendapatkan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan

Tahap I Sudah Cair, Begini Cara Mendapatkan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Subsidi gaji Rp 600.000 per bulan yang dijanjikan pemerintah, sudah mulai disalurkan ke rekening pekerja per Senin (24/8). Stimulus tersebut menyasar pekerja dengan besaran gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut proses pencairan tahap pertama senilai Rp 1,2 juta per orang atau untuk dua bulan, sudah mulai dilakukan.

Berikut rangkuman informasi mengenai jumlah penerima, syarat, serta cara mendapatkan subsidi tersebut:

Diberikan untuk 15,7 Juta Pekerja, per Orang Dapat Rp 2,4 Juta

Menurut Sri Mulyani, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 37,7 triliun untuk program subsidi gaji ini. Bantuan tersebut menyasar sebanyak 15,7 juta pekerja.

Setiap pekerja mendapatkan tambahan gaji sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan. Dana tersebut bakal ditransfer ke rekening pekerja tiap dua bulan sekali, sehingga pencairan tahap pertama untuk September-Oktober langsung diberikan sekaligus.

Syarat untuk mendapatkan subsidi:
– Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia- Terdaftar sebagai peserta aktif Jamsostek paling lambat bulan Juni 2020
– Aktif membayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan hingga Juni 2020
– Upah yang dilaporkan harus di bawah Rp 5 juta
– Bukan karyawan BUMN, lembaga negara, dan non ASN
– Memiliki nomor rekening aktif.
Cara memeriksa status kepesertaan:

Via SMS
Peserta dapat mengirim pesan SMS ke nomor 2757. Ketik Daftar (spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO_PESERTA#EMAIL (bila ada) lalu kirim ke 2757 Selanjutnya peserta dapat mengirim pesan dengan format SALDO (spasi) nomor peserta lalu kirim ke 2757.Via Aplikasi BPJSTK MobileUnduh aplikasi BPJSTK Mobile secara gratis.
Aplikasi ini tersedia di Android, iOs, dan Blackberry. Kemudian peserta harus melakukan registrasi. Registrasi berguna agar peserta mendapatkan PIN. Setelah terdaftar dan bisa login maka peserta bisa langsung mengecek status kepesertaannya secara langsung.
Via Laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.idAnda bisa mengecek status kepesertaan Jamsostek melalui laman resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
sumber:Kumparan

Tahap I Sudah Cair, Begini Cara Mendapatkan Subsidi Gaji Rp 600 Ribu per Bulan 3