Pemerintah Rokan Hulu Berikan Pengobatan Gratis Bagi Korban Asap

Rokan Hulu8755 Dilihat
banner 468x60

ROHUL. lintasbarometer.com

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, merespon cepat tuntutan yang disampaikan mahasiswa saat aksi unjuk rasa terkait Korban Kabut Asap di Kantor Bupati dan DPRD Rohul Kamis (19/9/2019) kemarin.

banner 336x280

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu menyatakan akan menggratiskan seluruh biaya pengobatan bagi seluruh korban kabut asap di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) milik Pemkab Rohul.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr. Bambang Triono, kepada awak media ini pada sabtu (21/9/2019) di Pasirpengaraian.

Menurut Bambang, pihaknya sudah mendapatkan instruksi langsung dari Bupati Rokan Hulu untuk menggratiskan biaya pengobatan di 21 Puskesmas dan RSUD Rokan Hulu.

“Sesuai instruksi yang kita terima, maka seluruh biaya pengobatan masyarakat yang disebabkan karena kabut asap di fasilitas kesehatan pemerintah digratiskan,” Cakap Bambang.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, saat ini jumlah masyarakat yang sakit karena kabut asap terus meningkat.

Dari tanggal 1-21 September jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) sudah mencapai 2.387 jiwa, iritasi mata 165 kasus, iritasi kulit 105 kasus, Pneumonia 10 kasus dan asma 80 kasus.

“Lonjakan kasus terjadi cukup signifikan dari tanggal 17-21 September, dimana kita ketahui kabut asap saat itu sangat pekat,” jelas Bambang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah Khususnya bagi ibu hamil, anak-anak, bayi dan balita untuk menghilangkan resiko terserang penyakit karena kabut asap.(ozi)

banner 336x280