Usai Salat Jumat, Presiden Lantik Pimpinan KPK dan Dewas di Istana

Politik, Umum2598 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa periode 2019-2023 di Istana Negara, Jakarta, hari ini, Jumat (20/12). Pada saat yang bersamaan, kepala negara juga akan melantik jajaran Dewan Pengawas (Dewas KPK).

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono mengatakan, pelantikan dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 14.30 WIB.

“Hari ini, siang 14.30 WIB,” kata Dini dikonfirmasi, Jumat (20/12).

Diketahui, Pimpinan KPK terpilih yang akan dilantik antara lain Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri beserta empat orang wakilnya yakni Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, dan Nawawi Pomolango.

Proses pemilihan mereka telah melalui serangkaian tes di panitia seleksi serta uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI. Namun terpilihnya Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023 sempat diwarnai penolakan.

Masyarakat koalisi sipil antikorupsi menganggap, Firli memiliki sejumlah catatan buruk ketika menjadi deputi penindakan KPK karena diduga melanggar kode etik lembaga antirasuah. Mantan Kapolda Sumsel itu diduga melakukan pertemuan dengan Tuan Guru Bajang Zainul Majdi. Namun, tuduhan itu dibantah semua oleh Firli.

Sementara itu, untuk anggota Dewan Pengawas KPK belum diketahui secara pasti. Jokowi baru menyebut beberapa nama, seperti mantan hakim agung Mahkamah Agung Artidjo Alkotsar, hakim Albertina Ho hingga mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.

Selain itu muncul nama lainnya yang disebut masuk radar calon anggota Dewan Pengawas KPK. Nama-nama yang sudah ramai diberitakan itu mendapat sambutan positif. Seperti misal Artidjo Alkotsar, banyak yang berharap ke hakim agung yang terkenal kerap menambah hukuman terhadap koruptor itu. (*)

 

sumber : jawapos

banner 336x280