Ada Kontak Erat Dengan Kasus Terkonfirmasi Sebelumnya, Bertambah 5 Orang Konfirmasi Positif COVID- 19 di PTPN V Sei Rokan

Ada Kontak Erat Dengan Kasus Terkonfirmasi Sebelumnya, Bertambah 5 Orang Konfirmasi Positif COVID- 19 di PTPN V Sei Rokan 2

RIHUL, lintasbarometer.com

Sampai Minggu  (6/9/2020) kemarin, total kasus  warga konfirmasi positif COVID- 19 di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menjadi 57 kasus. Dengan rincian, dari 19 pasien dirawat 37 sudah sembuh, sedangkan 1 pasien COVID 19  meninggal dunia.

Dari data yang dirilis Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul Minggu sore kemarin, dimana ada penambahan 7 kasus konfirmasi positif, dengan rincian 5 kasus pasien positif COVID- 19 kontak erat dengan pasien positif sebelumnya berada di Kecamatan Kunto Darussalam. Lalu 1 kasus, berada di Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam dan 1 Kasus di Kecamatan Rambah.

Informasi Kepala Diskes Rohul dr Bambang Triono melalui Kabid P2P dr Darmadi Lubis, Senin (7/9/2020) siang, membenarkan bahwa ada penambahan 7 kasus konfirmasi COVID- 19 di Kabupaten Rohul sesuai update data dari Survelans dan Analis Minggu kemarin.

Dari 7 kasus pasien konfirmasi COVID- 19 tersebut, ada 5 pasien diantaranya kontak erat dari pasien COVID- 19 sebelumnya yakni keluarga dan karyawan PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, kini sudah dirawat di rumah sakit rujukan pemerintah di Kabupaten Rohul dan Pekanbaru.

“Hingga Minggu kemarin, sudah ada penambahan 5 kasus pasien tkonfirmasi positif COVID- 19, merupakan karyawan dan keluarganya di PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam,” ungkap Darmadi.

Darmadi juga menjelaskan, 5 penambahan kasus di Pagaran Tapah Darussalam, 4 diantaranya diketahui dari hasil pemeriksaan swab massal Kamis (3/9/2020) terdata 78 karyawan dan keluarga di PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah. Dimana

1 kasus lagi berdasarkan hasil rapid Test dan swab dari tracking kontak dengan pasien konfirmasi COVID- 19 PTPN V Sei Rokan.

Sehingga total pasien konfirmasi positif COVID- 19 di PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam dari 26 Agustus sampai 6 September 2020 totalnya 20 kasus, 1 pasien diantaranya meninggal dunia.

‘Terkait pemeriksaan swab massal Jumat (4/9/2020) ada 87 karyawan dan keluarga karyawan PTPN V Sei Rokan Kebun Pagaran Tapah Darussalam, kita masih menunggu Diskes Provinsi Riau mengumumkan updata data perkembangan COVID- 19,” tambahnya.

Sedangkan pada penambahan 1 kasus pasien COVID- 19 di Kecamatan Rambah di Desa Rambah Tengah Utara, kontak erat dengan pasien Covid- 19 sebelumnya dan 1 kasus di Kecamatan Kunto Darussalam dengan riwayat perjalanan dan kontak dengan kasus konfirmasi.

Adanya penambahan kasus pasien konfirmasi COVID- 19, Darmadi menghimbau ke seluruh elemen masyarakat termasuk perusahaan yang beroperasi di Rohul agar selalu patuhi protokol kesehatan COVID- 19 sebagai bentuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID 19 di Rohul.

Di tempat terpisah, Asisten Umum PTPN V Distrik Barat Azhar Pulungan dikonfirmasi terkait ada 7 kasus pasien konfirmasi COVID- 19, 5 pasien diantaranya yakni keluarga dan karyawan PTPN V Sei Rokan Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, dirinya mengakui hal itu.

“PTPN V sudah swab 400 lebih karyawan maupun keluarga karyawan Distrik Barat,  baik itu yang melibatkan Diskes, klinik PTPN V dan swab secara mandiri. Kita juga sudah memperketat dengan penerapan protokoler kesehatan di perusahaan, dan yang pasien konfirmasi sudah dirawat di rumah sakit rujukan COVID 19,” kata Azhar Pulungan. (H.nst/Awi)

Ada Kontak Erat Dengan Kasus Terkonfirmasi Sebelumnya, Bertambah 5 Orang Konfirmasi Positif COVID- 19 di PTPN V Sei Rokan 3