Desa Rambah Tengah Barat Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Pertama

Politik, Rokan Hulu4565 Dilihat
banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Desa Rambah Tengah Barat melakukan Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai, Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat yang terdampak akibat wabah Covid-19.Kamis. tgl 28/05/2020.

Kepala Desa Rambah Tengah Barat Sofian Daulay, menyampaikan, BLT-DD tersebut dianggarkan dari Dana Desa Tahap 1 sebagai salah satu kebijakan dari pemerintah untuk meringankan beban warga kurang mampu saat menghadapi situasi wabah Virus Corona atau Covid-19.ungkapnya.

Dalam penyaluran BLT-DD dihadiri Camat Rambah,Ari Gunadi,S.stp,Kabid BPMD Zulpan Alwi,Kapolsek Rambah yang di wakili oleh Bhabinkamtibmas Rambah beserta Aparatur Pemerintahan Desa Rambah Tengah Barat dan Ketua BPD beserta Anggota BPD Dan Warga yang sudah terdata mendapatkan bantuan BLT.

Alhamdulilah pada hari ini kami Pemerintahan Desa Rambah Tengah Barat Kecamatan Rambah Kabupaten Rohul, sudah merealisasikan BLT-DD yang diserahkan langsung oleh Pak Camat Rambah Ari Gunadi Secara Simbolis untuk 166 KK, Setiap KK mendapat 600 ribu per bulannya, kata Sopian Dly

Sofian Dly menilai penyaluran BLT-DD ini sangat tepat sasaran di saat pandemi Covid-19 yang saat ini menganggu terutama disektor Ekonomi. Ia berharap agar bantuan BLT-DD ini di belanjakan dan di gunakan masyarakat untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.harapnya.

Mudah-mudahan pembagian BLT-DD ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang mendapatkan, minimal bisa membantu meringankan beban mereka di saat Pandemi sekarang ini, pungkasnya .

Tambah Sofian Dly Lagi penyaluran BLT-DD untuk bulan April, jika memang diperpanjang sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, sebesar Rp 300.000 untuk tiga bulan kedepan, Ia akan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Perbup Bupati Rohul.Tambahnya.

Dalam Sambutannya, Camat Rambah menyampaikan, BLT-DD ini sebagai bentuk upaya Pemerintah untuk membantu masyarakat di tingkat desa yang terdampak Covid-19. Bantuan yang diberikan bertujuan untuk meringankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.

Tambah Camat Rambah, sesuai petunjuk teknis penerima BLT Dana Desa adalah warga kurang mampu yang merupakan warga non penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan warga yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah Covid-19.

Ini merupakan bukti dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Rohul sebagai bukti kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Melaui BLT-DD ini sebagai upaya kita dalam membantu masyarakat khususnya dari segi ekonomi akibat pandemi Covid-19, kata Camat Rambah,Ari Gunadi.

Camat Rambah mengatakan besaran BLT-DD yang diserahkan kepada setiap kepala keluarga (KK) sebesar Rp.600.000 per bulan dalam jangka waktu tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.dengan adanya BLT-DD ini dapat membantu warga masyarakat dalam suasana pandemi Covid-19.

Dengan adanya BLT-DD ini mudah-mudahan bisa meringankan beban masyarakat. Uang ini agar digunakan untuk kebutuhan yang bermanfaat, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli sembako untuk keluarga, pintanya Camat sambil mengakhiri.(h.nst/AWI)

banner 336x280