WHO Kecam Wacana Ilmuwan Jadikan Afrika Tempat Uji Coba Vaksin COVID-19

Internasinoal, Politik1760 Dilihat
banner 468x60

Lintasbarometer.com

banner 336x280

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengecam dua ilmuwan yang menyarankan agar Afrika digunakan sebagai tempat uji coba untuk produksi vaksin Covid-19.

“Afrika tidak bisa dan tidak akan menjadi tempat uji coba untuk vaksin apa pun. Kami akan mengikuti semua aturan. Di seluruh dunia, kami menggunakan aturan yang persis sama,” tegas Tedros Adhanom Ghebreyesus, dilansir laman Anadolu, Rabu (8/4/2020).

“WHO tidak akan membiarkan hal ini terjadi,” kata dia lagi.

Tanpa menyebut nama negara, Tedros juga menyebutkan bahwa beberapa negara telah merekomendasikan atau sedang mempertimbangkan penggunaan masker medis dan non-medis untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Yang pertama dan utama, masker medis harus diprioritaskan bagi tenaga medis di garda terdepan. Kini mereka kekurangan pasokan secara global. Di beberapa tempat, kekurangan masker bahkan membahayakan jiwa tim medis,” ujar Ghebreyesus.

WHO khawatir bahwa penggunaan masker medis oleh kalangan umum dapat memperparah keterbatasan masker.Sebelumnya, WHO juga merekomendasikan penggunaan masker medis khusus bagi orang-orang yang sakit atau merawat orang sakit di rumah. (Suara/ Lbr)
banner 336x280