Antisipasi Penyakit DBD, Dinkes Talang Muandau Lakukan Fogging

Umum1633 Dilihat
banner 468x60

TALANG MUANDAU, lintasbarometer.com

banner 336x280

petugas Dinas Kesehatan (Dinkes), kecamatan Talang Muandau gencar melakukan pengasapan (fogging) di lokasi pemukiman warga di Desa Tasik Serai kecamatan Talang Muandau  dilakukan dengan tujuan  untuk mengantisipasti penyebaran demam berdarah (DBD) di daerah Endemis desa Tasik Serai, Kamis (23/1/2020).

Dr Wesly P.Rambe Kepala UPT melalui utusan Ketua Tim, Rifdhol Aulia A.Md, Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada dinas Kesehatan kecamatan Talang Muandau mengatakan, sejak awal Januari  2020 hingga saat ini   pihaknya sengaja menggencarkan kegiatan  fogging atau pengasapan  ke sejumlah daerah Endemis nyamuk DBD di Kec.Talang Muandau.

“Pengasapan dilakukan untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti pada musim hujan tahun 2019 yang Lalu, selain itu, untuk mengantisipasi penyakit DBD di Tasik Serai kami juga melakukan sosialisasi  kepada warga agar tetap menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing,”ujar Dr Wesly P Rambe Kamis (23/1/2020).

DrWesly.P.Rambe menegaskan, pihaknya sengaja melakukan fogging dilingkungan Desa Tasik serai  , Kecamatan Talang Muandau,  Bengkalis, karena  dilingkungan tersebut  merupakan daerah endemis DBD.

Bahkan di Bulan Nopember 2019 lalu  ada laporan satu kasus DBD”Sehingga untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD tersebut, kami langsung melakukan pengasapan dilingkungan tersebut,”ujar Dr Wesly.P.Rambe Lewat Rifdhol Aulia A.Md (sebagai Ketua Tim)

Lebih jauh Dr Wesly P,Rambe  menambahkan, setiap pemukiman warga yang terdapat kasus DBD, tim langsung bergerak melakukan penyelidikan Epidemiologi untuk mencari tempat atau sumber berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, yang menjadi penyebab penyakit DBD di sekitar lingkungan tempat tinggal penderita.

“Bidan Desa Tasik Serai,Yuli fitria A.Md.Kes,Mengimbau kepada masyarakat agar rutin melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara gotong-royong membersihkan lingkungan tempat tinggal dan mengubur wadah yang bisa menampung air bersih jadi berkembang biak nyamuk, menguras bak mandi dan melakukan tindakan-tindakan kebersihan yang lainnya,” tuturnya.

Bidan Yuli Fitria A.Md.Kes, juga menambahkan, untuk mencegak berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang gerakan 3M, yakni menguras penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas dan menggunakan obat oles anti nyamuk.

Kepala Desa Tasik Serai,Sabar Manurung dab Ketua BPD Namsan Tambunan Beserta Anggota turut Hadir dalam Kegiatan Pengasapan (fogging) tersebut.

Sabar Manurung Mengucapkan Trimakasih kepada pihak Dinas UPT Talang Muandau dan Memohon Supaya Desa Tasik Serai ini dilaksanakan Lagi Pengasapan (Fogging) karna Desa kami ini juga sudah bayak Korban DBD di Akhir 2019 sampai di awal tahun 2020 ini,”tuturnya. (Hendri Hs)

banner 336x280