Bawaslu Propinsi Riau akan Panggil Bupati Rohil Terkait Video Yang Memuat Pembagian Paket Sembako Caleg di Rumdin Bupati

Rokan Hilir310 Dilihat
banner 468x60

ROHIL, lintasbarometer.com

Bawaslu Provinsi Riau akan memanggil Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong.S.IP M.Si terkait video yang viral diduga sejumlah orang menyiapkan paket bantuan salah satu calon anggota legislatif (caleg). Pada video yang beredar itu disebut  lokasinya berada di rumah dinas Bupati Rokan Hilir.

banner 336x280

Tentu kami masih menelusuri, terkait hal tersebut, bila benar adanya, sudah pasti kami akan panggil Bupati Afrizal Sintong. ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Alnofrizal, Kamis 01Februari 2024.

Alnof mengaku pemanggilan dilakukan tim Gakkumdu untuk klarifikasi. Selanjutnya jika terbukti maka akan dilanjutkan proses pemeriksaannya,  karena rumah dinas adalah fasilitas Negara.

Nanti kita lihat, kalau benar  temuan Vidio itu ada di rumah bupati, ya akan kita lanjutkan pemeriksaan kepada Bupati. Sanksinya apa nanti kita lihat karena rumah dinas Bupati jelas fasilitas negara, kata Alnof.

Sementara itu terkait foto caleg wanita bernama Nalladia Ayu Rokan yang disebut sebagai putri sulung Bupati Rohil, Alnof tidak mau banyak berkomentar. Dia kini masih fokus pemeriksaan terkait video viral itu.

Kita fokus pada kasus ini dulu, Sekarang tim sedang bekerja karena ini temuan ya, sebut Alnof. Sebelumnya, dalam video berdurasi 15 detik terlihat ada yang dilihat sekelompok orang mengemas paket milik salah satu Caleg. Bahkan terlihat jelas saat beberapa paket dipasangi stiker salah satu caleg.

Arogan sekali, Rumah dinas Bupati dijadikan tempat untuk gudang sembako salah satu caleg, bunyi pesan yang beredar tersebut.

Jika dilihat lebih rinci, video itu merupakan tangkapan layar pemilik akun Instagram @yossiardilaaju. Dalam video juga terlihat paket bantuan dibungkus dengan plastik berwarna merah dan kuning yang berisikan kain darung.

Ada pula seorang pria yang mengangkat karton menuju ruang sambil mengangkat tangan jari 4 langsung mengemas paket. Pria tersebut pakai baju hitam dan pada bagian depan terpampang wajah seorang Caleg wanita bernama Nalladia Ayu Rokan dari Partai Golkar.

Terkait video itu, Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal mengaku telah menerima laporan. Termasuk soal dugaan video itu diambil di rumah dinas Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong.

Kita sudah terima laporan, kita minta ke Bawaslu Rohil untuk menelusuri itu. Kawan-kawan sudah bergerak memastikan apa betul itu di rumah dinas,
kata Alnof saat dikonfirmasi, Kamis 01 Februari 2024.

Alnof mengaku tim sedang memastikan apakah benar paket tersebut berisikan sembako atau bantuan lain. Termasuk soal paket yang diduga dari caleg disiapkan untuk dibagikan ke masyarakat.

Kami mau telusuri, apakah itu sembako, atau paket lain dan apa isinya kita mau cari informasi. Termasuk di mana lokasi dan kapan video itu di bikin, terangnya.

Mantan komisioner KIP tersebut menilai petugas masih punya waktu untuk mengusut kasus tersebut, Termasuk soal dugaan pelanggaran kampanye

Kalau secara prosedur dalam 14 hari kan harus selesai. Ya masih ada waktu  ya teman-teman di Rohil, kita bekerja sesuai laporan. Tapi kalau sudah ramai tentunya jadi prioritas kami, tutur Alnof.

Editor : Edisupriadi.

 

 

 

 

 

banner 336x280