Resmikan Agro Wisata Kebun Kurma, Bupati Sukiman Bangga Pesatnya Pembangunan Desa Babussalam

Resmikan Agro Wisata Kebun Kurma, Bupati Sukiman Bangga Pesatnya Pembangunan Desa Babussalam 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Kawasan Agro Wisata kebun kurma yang dibangun melalui Dana Desa (DD) tahun 2018 Desa Babussalam Kecamatan Rambah, Senin (14/9/2020) hingga pukul 18.30 WIB, diresmikan Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman.

Dikatakan Kades Babussalam Basron,
berterima kasih sudah membangunkan pasar lelang karet. Masih banyak program kami yang akan dilanjutkan, dan berharap pembangunan desa kita lebih baik. Kurma sudah tanam sekitar 2 tahun dan bagian belakang sudah berbunga, dan pengelolannya melalui BUMDesa Babussalam Sejahtera, dan memperkejakan 9 orang, juga membuka lapangan pekerjaan baru untuk ibu ibu yang menbuat kue, yang dikelola kantin PKK Desa Babussalam

“Kebun kurma dibangun di lahan hibah dari masyarakat seluas 1 hektar, dianggarkan melalui penyertaan modal Desa Babussalam dari DD 2018 tahap awal dianggarkan sekitar Rp200 juta termasuk pengelolaan lahan, yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Babussalam Sejahtera,” kata Basron.

Selain kebun kurma tambah Basron, juga dibangun sarana prasarana untuk bermain anak water park mini, juga dari penyertaan modal desa besumber dari DD yang juga dikelola BUMDes, dengan anggaran Rp1 miliar lebih termasuk dibangun Taman obat keluarga (Toga), juga pembelian dua ekor kuda sumba.

“Nantinya, diresmikan kawasan Agro Wisata kebun kurma, water park, Toga juga dilakukan peletakan baru pertama program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk desa Rp1 miliar, bantuan dari Kementrian PUPR RI tahun anggaran 2020,” ungkap Kades Babussalam Basron.

Dikegiatan itu, hadir Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Sekda Abdul Haris, anggota DPRD Abdul Halim dan Hi. Sumartini, Asisten II M.Ruslan, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, ketua DW Rohul Hj.Netti Herawati, Dirut Prusda Rokan Huju Jaya Marjeni, sejumlah Kepala OPD, Kabid dari sejumlah OPD, Camat Rambah, Kades/ Lurah se Rambah, datuk adat, pengurus BUMDes Babussalam.Sekahtera, perangkat desa, serta ratusan masyarakat Babussalam.

Bupati Sukiman juga menyerahkan dana Rp1 miliar dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kementrian PUPR untuk Desa Babussalam, kepada Kades Babussalam Basron. Juga penyerahan bantuan pasar lelang karet, juga penyerahan bangunan Tempat Pengolahan Sampah Reuce Reduse, dan Recycle (TPS3R) atau mengurangi / menggunakan/ daur ulang Bantuan Balai Pemukiman Prasana Wilayah Riau Dirjen CK Pada Kementrian PUPR, diserahkan Bupati ke Kades Babussalam. Dan ada lima desa di Kecamatan Rambah, mendapatkan bantuan TPS3R.

Bupati Sukiman dalam arahannya mengatakan, bangga sekali dengan pembangunan di Desa Babussalam, dan desa desa lain agar berinovasi dalam pembangunan desa menata kota.

“Bila desa maju maka kecamatan akan maju, berharap kades lain berlomba memajukan desa.Dengan tekun kades Babussalam membangun desa kita, dengan perangkat dan seluruh elemen serta masyarakat yang sudah bekerja dengan baik,” kata Sukiman.

Untik kebun kurma, jelas Bupati Sukiman, nantinya setelah berbuah bisa mendapatkan penghasilan tambahan desa termasuk water park mini, agar bisa bermanfaat untuk masyarakat Babussalam.

Pemkab Rohul melalui Bupati Rohul, salurkan bantuan pembangunan Masjid Al Mubarak, juga bantuan untuk 4 group renama di Desa Babussalam, masing masing mendapatkan Rp1 juta. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Resmikan Agro Wisata Kebun Kurma, Bupati Sukiman Bangga Pesatnya Pembangunan Desa Babussalam 3