Wakil Bupati Rokan Hulu Buka Secara Resmi Pendataan Data Base SDM Kebudayaan dan Pemangku LAMR Rohul

Rokan Hulu323 Dilihat
banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

Wakil Bupati(Wabup) Rokan Hulu(Rohul) membuka secara resmi pendataan database sumber daya manusia (SDM) kebudayaan dan pemangku adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu di Gedung LKA Kecamatan Tandun, Rabu (22/5/2024).

banner 336x280

Turut hadir bersama Wakil Bupati H.Indra Gunawan, Sekretaris Kesbangpol Irvandri MIP, Camat Tandun, M Rodi, Ketua MKA LAMR Rohul, Datuk Seri Dr H Dipendri SPd MM gelar Datuk Tumenggung, Ketua DPH LAMR Rohul, Datuk Seri H Zulyadaini gelar Datuk Saudagar Rajo, Ketua LKA Tandun dan para pemangku adat.

Wabup Indra Gunawan Gelar Datuk Timbalan Setia Amanah Setio Nugoi dalam arahannya, mengajak seluruh datuk adat bersatu untuk memajukan di Kecamatan Tandun, sehingga budaya dan adat istiadat tidak tergerus dengan perkembangan zaman.

“Kebersamaan membangun Rokan Hulu harus tertanam di jiwa kita, termasuk mempertahankan budaya, dan adat istiadat LAMR jangan sampai tertinggal oleh perkembangan zaman,” pesan Wabup.

Wabup juga berpesan kepada LAMR Rohul agar memperbaharui administrasi keberadaan LKA yang ada di wilayah Kabupaten Rohul. Karena luhak yang ada di Kabupaten Rohul hanya ada 5 (Luhak Rambah, Kepenuhan, Tambusai, Kunto Darussalam, dan Rokan IV Koto) sementara LKA Ujung Batu, Tandun, dan
Kabun belum tau tergabung ke Luhak mana.

“Saya berharap kedepan ada perbaikan data terhadap keberadaan LKA yang ada dibawah LAMR Rohul. Dari lima Luhak yang ada, LKA Ujung Batu, Tandun, dan Kabun itu masuk kemana?,” tanya Wabup.

Wabup Indra Gunawan juga meminta kepada LAMR Rohul aga menseriusi pendataan desa adat, dan peningkatan SDM para Datuk-Datuk sebagai pemangku adat di LKA dan desa adat.

Pendataan Database SDM Kebudayaan dan Pemangku Adat LAMR Rohul ini sangat baik, tentunya kita berharap bersama Implementasi dari kegiatan ini bisa membawa kemajuan buat pengembangan budaya LAMR kedepan,” sebut Wabup.

Sementara itu, Ketua DPH LAMR Rohul, Datuk Seri H Zulyadaini Gelar Datuk Saudagar Rajo menyampaikan, selain untuk meningkatkan SDM para pemangku adat di seluruh LKA yang ada di setiap kecamatan, ada tugas penting para Datuk-Datuk dalam membentuk desa adat.

Menurut Datuk Seri H Zulyadaini, kurang lebih 167 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Rohul, yang disebut desa adat jumlahnya tidak seberapa. “Jadi kedepan kita upayakan ada pendataan kembali
desa-desa yang ada di lingkup LKA kecamatan,” kata Zulyadaini.

Disampaikan Datuk Seri H Zulyadaini, selain LKA Tandun kegiatan serupa juga sudah dilaksanakan di beberapa LKA di kecamatan lainnya. Insya Allah untuk LKA Kecamatan Ujung Batu akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei nanti.(kominfo)

banner 336x280