KPU Rohil Mengadakan Sosialisasi bersama Awak Media Dalam Rangka Menyambut Pemilu 2024.di Kabupaten Rohil

Rokan Hilir499 Dilihat
banner 468x60

ROHIL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau Supriyanto memimpin dan membuka secara langsung sosialisasi tatap muka kepada awak media di Kabupaten Rokan Hilir untuk Pemilu tahun 2024.

Bertempat di aula Media Center KPU Rohil, Jalan Kecamatan, Bagansiapiapi, sosialisasi tatap muka bersama puluhan awak media diawali nyayian lagu Indoensia raya dilanjutkan doa dan pemaparan dari komisioner KPU yang hadir.

 Sampai hari ini, kita sudah memasuki ke 62 hari menjelang hari pelaksanaan pemilu pada 24 Februari 2024 mendatang, Kata Ketua KPU Rohil, Rabu 13 – 12 – 2024.

Ketua KPU Rohil menyampaikan peran media masa sangatlah penting dalam menyampaikan informasi terhadap penyelenggara pemilu dalam keterbukaan informasi publik dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Dengan mengikut sertakan peran media, ketua KPU Supriyanto berharap pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 24 Februari 2024 mendatang partisipasi masyarakat dapat meningkat dan pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan damai dan terkendali.

 Partisipasi sesungguhnya adalah bagaimana banyaknya pihak yang ikut terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar,  Sambungnya.

Berpaling ke belakang, Supriyanto menyampaikan pelaksanaan Pemilu 2019 lalu di Rohil partisipasi pelaksanaan pemilu cukup tinggi yakni mencapapi hingga sampai 80%.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Rohil ikut menyampaikan apresiasi kepada rekan – rekan media yang ikut hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut.
13 – 12 -2023. Sementara, Hendra Devisi Perencanaan data dan informasi KPU Rohil menyampaikan pihaknya telah melaksanakan sebagian tahapan pemilu yang mengacu dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan pada Pemilu 2024.

Sedikitnya tahapan penyelenggaraan tahapan pemilu disampaikanya mencangkup diantaranya:
A. Perencanaan Program dan Anggaran.
B. Pemutakhiran Data Pemilih
C. Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu.
D. Penetapan Peserta Pemilu.
E. Penetapan Jumlah kursi dan Dapil
F. Pencalonan
G. Masa Kampanye
H. Masa tenang
I. Pemungutan dan Penghitungan Suara
J. Penetapan Hasil Pemilu
K. Pengucapan Sumpah Janji.

Komisioner KPU Rohil itu ikut menyampaikan saat ini KPU Rohil telah memulai pelaksanaan sebanyak 13076 jumlah KPPS yang dibentuk yang saat ini dibuka pendaftaran sejak tanggal 11 Desember 2023 hingga tutup pendaftaran hingga 20 Desember 2023 mendatang.

Selanjutnya Hasbullah Devisi Hukum KPU Rohil ikut menyampaikan pihaknya telah melaksanakan sejumlah tahapan bagian dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

 Alhamdulillah, hingga saat ini sejumlah tahapan tahapan yang dilakukan berjalan dengan lancar, Kata Hasbullah.

Terkait soal alat peraga kampanye (APK), ia ikut menyampaikan KPU Rohil telah menetapkan sebelumnya sejumlah titik lokasi untuk pemasangan APK dimasa waktu Kampanye.

Namun jika pun para Caleg (calon legislatif) memasang APK diluar ketetapan pemasangan APK seperti Baleho dan sejenisnya itu tidak ada larangan, namun mesti mengacu kepada aturan yang diperbolehkan.

 Tentunya, kami KPU sebagai penyelenggara Pemilu sangat berharap dengan sosialisasi ini dengan melibatkan peran Media masa pelaksanaan Pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan sukses dan lancar, tuyurnya.

Editor : Edisupriadi.

banner 336x280