Data Covid-19, Rokan Hilir Masih Nihil Orang Positif Terjangkit Corona, PDP Bertambah Enam Orang

banner 468x60

ROHIL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Jumat 17 April 2020, Update data covid-19, Rokan Hilir (Rohil) masih belum ada orang positif terinfeksi virus corona. Untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengalami penurunan.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah enam orang. Dari informasi yang dirangkum, dari data per hari Kamis 16 April 2020, ODP di Rohil berjumlah 1.193 orang.

Penambahan itu disebabkan angka kepulangan warga Rokan Hilir (Rohil) dari luar daerah terutama dari Pekanbaru. Menyusul berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Hal itu dijelaskan Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Rohil, Ahmad Yusuf. “Terjadi kenaikan kembali, padahal sebelumnya sempat menurun sebelumnya mencapai diangka 1.015 orang,” sebut Ahmad Yusuf, Kamis (16 April 2020).

Sementara itu jumlah orang yang sudah melewati masa pemantauan sebanyak 2.417 orang. Kalau ditotal yang sudah tercatat ODP atau yang habis masa pemantauan tembus angka 3.610 orang.

“Enam orang PDP, dua orang sempat dirawat di RSUD Pratomo telah pulang karena hasil swap negatif dan hanya tinggal empat PDP yang tercatat,” sebut Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Rohil, Ahmad.

Dua PDP Rohil berada di Pekanbaru dirawat di RS Bhayangkara dan di RS Awal Bros. Sementara Dua orang PDP lainnya dirawat di RSUD Pratomo dan satu orang lagi isolasi mandiri di rumah.

“Yang isolasi mandiri kesehatannya cukup baik, namun tetap dalam pengawasan ketat,” sebut Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Rohil, Ahmad.

Ahmad Yusuf sampaikan dengan ditetapkannya sebagai PDP, oleh pihak terkait sebagai langkah mempercepat proses nantinya jika hasil yang keluar adalah positif. Artinya bisa dilakukan pelacakan atau tracing di wilayah mana sebelumnya pasien itu melakukan aktifitas dan berinteraksi dengan orang lain.

Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Rohil, Ahmad berharap nantinya hasil swab negatif. “Mudah-mudahan semua warga Rohil yang berstatus PDP itu hasil (swab) nya nanti negatif,” ujar Ahmad Yusuf. (R24/ Lbr)

banner 336x280