Cegah Wabah Covid-19 UPTD Puskesmas Teluk Lecah Tetap Lakukan Pelayanan

banner 468x60

RUPAT, lintasbarometer.com

banner 336x280

Upaya untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19 diantaranya dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat adapun serangkaian kegiatan pencegahan covid-19, UPTD Pukesmas Teluk Lecah sebanyak 10 desa yang berada di wilayah kerjanya melakukan penyemprotan cairan desinfektan serentak sebagai salah satu upaya sterilisasi untuk pencegahan  dan antisipasi, penyebaran virus wabah corona covid-19. dan di lengkapi dengan ambulance keliling, keseluhuruan dampak wabah virus corona covid 19 sebabyak 50 orang dibyatakan ODP.

Hal ini ditegaskan oleh Dr. Nelya Sasmita, Kepala UPTD kesehatan Puskesmas teluk lecah Kecamatan Rupat, Menurutnya meski kasus virus corona covid-19 kian merebak, pihaknya tetap melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Rupat.

Ketika di komfirmasi media lintasbarometer.com, Kepala UPTD Pukesmas teluk lecah, dr. Nelya Sasmita di Ruang Kerjanya Senin (13/04/2020) Mengatakan, Sejauh ini berdasarkan hasil pelaksanaan cek kesehatan di lingkup wilayah kerja UPTD Puskesmas teluk lecah, pihaknya belum menemukan pasien yang terpapar  mengidap virus corona covid-19 yang mematikan ini ujarnya.

Lanjutnya dr, nelya sasmita, dalam pelayanan Menjelaskan kesehatan biasanya kami kepada pasien melakukan cek suhu dan darah terlebih dahulu dan dilihat dari riwayat si pasien itu sendiri, terutama pasien yang pulang dari luar negeri itu sangat dikhawatirkan. Tapi untuk sementara ini ada pasien yang pulang dari luar negeri. Alhamdulillah di Kecamatan Rupat tidak ada yang terserang wabah virus covid-19 tersebut. Hanya Orang Dalam Pengawasan (ODP), Walaupun banyak pasien yang datang itu hanya sekedar flu dan demam biasa yang diakibatkan dari perubahan cuaca saja,” jelasnya.

Ditanya terkait desa mana yang paling banyak terdampak wabah virus Corona Covid-19, dr. Nelya Sasmita, memaparkan bahwasannya desa Sungai Cingam lebih kurang berkisar, 30 Orang Dalam Pengawasan (ODP) mereka baru pulang dari Malaysia, Karena warganya banyak mencari hidup dan berkerja di negara tetangga ungkapnya.

Ditempat terpisah Kades Sungai Cingam, Jamil, S.Pd ketika dikonfirmaai di kediamannya, Senin (13/04/2020) mengatakan, terkait warganya baru pulang dari negara tetangga yaitu malaysia, orang dalam pengawasan (ODP), dampak wabah virus corona covid-19 sekarang ada berkisar 13 orang, itupun mereka kita suruh di rumah saja, sudah kita amankan agar tidak kumpul sama keluarganya, dan kita berikan bantuan sembako, ucapnya.

Pihaknya pukesmas teluk lecah, cakupanya wilayah kerja ada 10 desa, menghimbau warga desa mulai dari sri tanjung sampai desa makeruh, Kecamatan Rupat agar membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah masuknya wabah virus corona covid-19.

“Kita harus berjaga-jaga jangan sampai tertular oleh wabah virus corona covid-19  tersebut. Kami sudah memberikan himbauan kepada semua 10 Desa wilayah kerja kami,  yang ada di Kecamatan rupat agar tetap waspada dan kami tetap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Diharapkan semoga virus corona cepat berlalu, juga kepada masyarakat 10 desa, jangan resah dan panik, kita tetap berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan,” tuturnya.

Wadah Forum Wartawan Rupat (FORWA-RUPAT), Berperan Aktif, Gugus Depan Melawan Wabah Virus Corona Covid-19, Selaku Control Sosial, yang sering viral, menanyangkan berita untuk kepentingan publik mengaku bersyukur di kecamatan rupat, belum ditemukan warga yang positif wabah corona covid-19.

“Alhamdulillah bukan hanya di 10 desa yang wilayah kerja pukesmas teluk lecah saja, tetapi di kecamatan Rupat, bahwa   virus corona covid-19 itu tidak ada, yang mengidap virus Corona,” pungkasnya

(Sukma Nuberi)

banner 336x280