Laporan Penanganan Covid-19 Rohul Oleh Jubir Gugus Tugas Covid -19

Laporan Penanganan Covid-19 Rohul Oleh Jubir Gugus Tugas Covid -19 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Juru Bicara Covid 19) Kabupaten Rokan Hulu,melaporkan informasi terkait virus covid -19 berdasarkan Rekap Surveilens Penanganan Covid 19 Corona dari RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, laporan  Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu Dari  data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.

Juru bicara covid -19 Drs Yusmar menyampaikan perkembangan Covid 19 di Kabupaten Rokan Hulu Hari/Tanggal senen/ 13/04/2020 Pukul16,58 wib Orang Dalam  Pemantauan (ODP) :  Warga yang  kembali dari luar Rokan Hulu, atau warga lain yang datang  ke Rokan Hulu,  dari daerah  yang   sudah terinveksi Covid 19.Jumlah semua ODP 2.672 Orang, Dengan status Masih Pamantauan 752 /28%, Selesai Pemantauan  : 1.920 /67%.

Tambahnya,Catatan Dari Total ODP hari ini, 13/04/2020, yang berjumlah 2.672 orang, dengan ODP hari kemaren 12/04/2020, yang Berjumlah, 2.663, terjadi penambahan 9 ODP baru.Kemudian dari rincian ODP,  untuk ODP  yang di pantau, jika kemaren 12/04/2020  sebanyak, 899 maka hari ini 13/04/2020,  ODP  yang di pantau tinggal 752, atau  berkurang sebanyak  147 orang, Sementara  ODP telah selesai di Pantau atau sudah sehat, jika kemaren 12/04/2020 berjumlah, 1.764 orang,  maka hari ini 13/04/2020, menjadi 1.920 orang Dengan demikian ODP status aman atau sehat meningkat dari hari kemaren sebanyak 156 orang.

Lanjut Drs Yusmar, Pasien dalam pengawasan  (PDP) Jumlah PDP di Rokan Hulu, hari Minggu 13/04/2020, tetap ada  8 orang,  Alhamdulillah   dari 8 PDP yang ada 4 orang telah sehat dan sudah pulang ke keluarganya masing masing, Berdasarkan  keterangan Tim Medis, melalui Direktur RSUD Roka Hulu,  untuk PDP 4 orang  yg dirawat atau isolasi, 1 orang di RSUD Rokan Hulu, 1 orang di Awal Bros Ujung Batu, dan  2 orang isolasi mandiri .

Adapun 3 orang dari diantara PDP, semua hasil rapid test nya negatif,tinggal menunggu hasil swab ( PCR )dari Litbangkes Jakarta,STATUS POSITIF  (satu) orang, inisial AS, umur 56 tahun, dari Kecamatan Rambah. Berdasarkan keterangan Tim Medis Direktur RSUD Rokan Hulu, dr. Novil, Pasien covid 19 positif,  secara klinis telah menunjukkan perbaikan yg signikan,”Mohon izin pak Kadis Tidak ada penambahan PDP di Rsud Keadaan umum secara klinis baik

Dan pasien covid 19 keadaan umum juga baik 2 hari lagi kita lakukan swab ulang . Pasien sudah bisa melakukan aktifitas ringan secara mandiri,”ucap dr.novil.

Masih kata Yusmar,Tim gugus bekerja sesuai tugas dan fungsi  dalam SK Pak Bupati. Berdasarkan  laporan dari WA Group dan dikumentasi yang di sampaikan,Camat, beserta Koramil dan

Kaplosek serta unsur dan elemen kecamatan, sampai ke Desa, dengan

aparat kepolisian, TNI, BPD, RW dan RT, tokoh agama, adat dan pemuda, mahasiswa serta kaum perempuan simpatisan lain nya.

Drs Yusmar yusuf Juru Bicara Covid 19 Kabupaten Rokan Hulu menyampaikan himbauan pemerintah sebagai tindak lanjut himbauan Pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi Riau kepada masyarakat supaya, a.Tetap tenang dan jangan panik, b. Lakukan pembatasan fisik (physicaldistancing), c.  Pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah (kecuali ada hal penting) dan hindari keramaian, d. Bila harus keluar, gunakan masker untuk perlindungan diri. e. Rutin mencuci tangan (di sarankan lebih efektif mencuci tangan dengan sabun dan air  mengalir dibandingkan hand sanitizer) f. Jaga pola hidup sehat, g. Makan buah dan sayuran, h.Berolahraga, i.  Konsumsi vitamin, j.  Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis, Jangan berpandangan negatif terhadap mereka, k. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, l. Tetap berdoa, Insya Allah kita akan dijauhi dari wabah ini dan mendapat pertolongan dan Ridho Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa.(h.nst/Kominfo)

Laporan Penanganan Covid-19 Rohul Oleh Jubir Gugus Tugas Covid -19 3