Komunitas Wartawan Rohul, Bagikan Masker dan Beri Edukasi Kepada Masyarakat

Komunitas Wartawan Rohul, Bagikan Masker dan Beri Edukasi Kepada Masyarakat 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Himbauan untuk memakai masker saat keluar rumah belum dijalankan warga di Kabupaten Rokan Hulu Sebagai bentuk kepedulian dan memberikan edukasi kepada warga, sejumlah jurnalis Kabupaten rohul membagikan ratusan masker Senin (07/04).

Selain membagikan masker, jurnalis ini juga memberikan edukasi agar warga harus memakai masker saat keluar rumah untuk  pencegahan dan memutus rantai penyebaran virus covid-19,

Kesadaran masyarakat Kabupaten Rokan hulu untuk menggunakan masker, saat berada di luar rumah masih rendah. Padahal imbauan pemerintah mulai dari pemerintah pusat sampai ke daerah  warga wajib menggunakan masker jika bepergian atau keluar rumah.

Melihat kondisi ini, sejumlah wartawan Kabupaten Rokan hulu  turun ke jalan membagikan masker dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Pembagian masker diberikan kepada pengguna jalan  protokol tepatnya di taman kota Pasir pengaraian dan seputar pasar lama.

Sekitar lima ratus masker dalam waktu kurang dari setengah jam habis dibagikan kepada pengguna  jalan seperti pengendara dan warga yang keluar rumah.

Kasat Binmas Polres Rohul AKP Hermawan ikut turun berbaur bersama para wartawan untuk membagikan masker dan sekaligus memberi edukasi terhadap warga yang melintas,

“Kami dari Polres Rohul bersama para wartawan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan,jaga jarak (social distancin),dan pakai masker saat keluar rumah”

Warga menyambut senang atas  pembagian masker ini  pasalnya untuk mencari masker sekarang sulit dan harganya pun mahal,ujar salah seorang warga yang sedang melintas,

“Masker sekarang mahal dan susah carinya jadi kalau ada yang bagi-bagi Alhmadulillah,” ujar Agusman.

Salah satu pengendara sepeda motor,  yang mendapat pembagian masker gratis ini sangat  berterima kasih pada jurnalis wartawan Rokan hulu yang   membantu masyarakat untuk mencegah penularan  covid-19.

“Sesuai dengan anjuran pemerintah semua orang yang keluar dari rumah untuk menggunakan masker guna  untuk mengantisipasi penularan pandemi covid-19,” jelasnya.

Tampak hadir dalam pembagian masker ini para wartawan yang bernaung di AWI,PWI dan Poswar,serta sejumlah LSM dan OKP,mereka  mengatakan, pembagian masker ini sebagai bentuk kepedulian jurnalis akan kesehatan masyarakat khususnya kabupaten Rokan hulu untuk mencegah penyebaran virus covid 19. “

Jurnalis yang bekerja dilapangan melihat kesadaran warga untuk memakai masker masih rendah. Dan ini sebagai bentuk kepedulian jurnalis untuk membantu warga,” mereka.

Harapannya dengan pembagian masker kepada masyarakat bisa membudayakan warga untuk menggunakan masker setiap keluar rumah,dan menggugah hati para pemangku kebijakan dan para mereka yang memiliki kelebihan rezqi untuk ikut berbagi dan menyelamatkan warga disekitarnya,

“Tidak hanya itu warga yang kesulitan mendapatkan masker karena harganya mahal bisa memdapatkanya dengan mudah dan murah,” ungkap kordinator pembagian masker. (Team/AWI)

Komunitas Wartawan Rohul, Bagikan Masker dan Beri Edukasi Kepada Masyarakat 3